Indonesia-Jepang Sepakat Negosiasi Alih Teknologi Pertahanan

Fajar Nugraha    •    17 Desember 2015 16:59 WIB
indonesia-jepang
Indonesia-Jepang Sepakat Negosiasi Alih Teknologi Pertahanan
Pertemuan Menlu dan Menhan RI serta Jepang (Foto: Dok. Kemlu)

Metrotvnews.com, Tokyo: Pemerintah Jepang sepakat dengan Indonesia untuk memulai negosiasi mendorong perjanjian alih teknologi peralatan pertahanan.

Kesepakatan ini dicapai dalam pertemuan 2+2 (two plus two) antara Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dengan Menlu Jepang Fumio Kishida serta Menhan Gin Nakatani, di Tokyo, Kamis 17 Desember.

Menlu Kishida mengumumkan kesepakatan ini saat memberikan keterangan pers, usai pertemuan tersebut berlangsung. Adapun pertemuan 2+2 antara RI dan Jepang merupakan yang pertama kali dilakukan oleh Negeri Sakura dengan negara ASEAN. Demikian diberitakan Kyodo, Kamis (17/12/2015).

Selain kesepakatan negosiasi alih teknologi, beberapa kesepakatan lain juga dicapai dalam pertemuan tersebut.

Beberapa bidang isu dibahas dalam pertemuan 2+2 tersebut yang dibahas antara lain, kerja sama maritim, memerangi ekstremisme dan terorisme serta menjaga perdamaian dan keamanan kawasan. Dalam pertemuan 2+2 ini, kedua negara sepakat untuk menjajaki implementasi pernyataan KTT Asia Timur mengernai Kerja Sama Maritim Regional.

Selain itu, dalam pertemuan ini Jepang mendukung keketuaan Indonesia di IORA dan upayanya memperkuat kerja sama regional di Samudera Hindia.

Capaian penting lainnya adalah kedua negara juga sepakat memperkuat kerja sama untuk mengurangi ketegangan dan menghormati aturan hukum internasional di Laut Selatan China.


(FJR)


Vietnam Juara Piala AFF 2018

Vietnam Juara Piala AFF 2018

1 day Ago

Vietnam sukses menekuk Malaysia 1-0 di lek kedua Final Piala AFF 2018. Hasil ini memastikan Vie…

BERITA LAINNYA
Video /