Gubernur Minta Warga tak Dekati Gunung Bromo

Amaluddin    •    17 Desember 2015 17:02 WIB
gunung bromo
Gubernur Minta Warga tak Dekati Gunung Bromo
Pakde Karwo dalam Workshop Membaca dan Memahami APBD 2016 Jatim, MTVN - Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Aktivitas vulkanik masih terjadi di Gunung Bromo. Gubernur Jawa Timur Soekarwo pun meminta warga tak mendekati gunung yang berlokasi di Kabupaten Probolinggo itu.

"Saya pesan kepada warga jangan terlalu dekat dengan Gunung Bromo. Selali hati-hati dan jangan panik. Terus berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)," kata pria yang akrab disapa Pakde Karwo itu usai membuka Workshop Membaca dan Memahami APBD 2016 Jatim di Jalan Pahlawan Surabaya, Kamis (17/12/2015).

Namun demikian, Pakde Karwo memastikan semua kebutuhan untuk mengantisipasi dampak erupsi Gunung Bromo. Misalnya masker, beras, dan kebutuhan sembako.

BPBD, kata Pakde Karwo, melakukan gladiresik untuk mengevakuasi korban erupsi gunung. Pakde Karwo pun mengatakan akan mengecek hasil gladiresik.

Pantauan terakhir menyebutkan cuaca di sekitar Gunung Bromo masih cerah. Kondisi angin tenang dan tingkat suhu 12 derajat Celcius.

Asap kelabu tebal tampak mengepul dari puncak gunung. Kepulan asap mencapai ketinggian 1.500 meter dari atas puncak atau 3.828 meter di atas permukaan laut. Asap mengarah ke barat laut dan utara. Status Gunung Bromo kini Siaga Level III.


(RRN)