Menkeu: Saatnya Majukan Infrastruktur Demi Pertumbuhan Ekonomi

Dian Ihsan Siregar    •    17 Desember 2015 17:08 WIB
pertumbuhan ekonomiinfrastruktur
Menkeu: Saatnya Majukan Infrastruktur Demi Pertumbuhan Ekonomi
Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menilai sudah waktunya bagi Indonesia memprioritaskan sektor infrastruktur dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, daripada memperioritaskan sektor komoditas yang saat ini tengah lesu.

Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mengatakan, infrastruktur sudah seharusnya menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi termasuk mendukung pemerataan pertumbuhan lapangan kerja di masa-masa mendatang.

"Maka itu, sektor komoditas sudah seharusnya diganti dan mengarah ke sektor infrastruktur. Jangan lagi menjadi utama karena komoditas sedang lesu," tegas Bambang, ditemui dalam acara 'Seminar Nasional Infrastruktur Untuk Rakyat', di UOB Plaza, Jakarta, Kamis (17/12/2015).

Bambang mencontohkan Tiongkok, Thailand, dan Malaysia yang sektor infrastrukturnya terus mengalami pertumbuhan dari waktu ke waktu. Dampaknya adalah ekonomi dari negara tersebut terus bergerak. Sayangnya, Indonesia ketinggalan cukup jauh dari aspek infrastruktur.

‎"Negara-negara tersebut awalnya punya kualitas (infrastruktur) yang sama dengan Indonesia. Tapi, mereka sekarang sudah jauh meninggalkan Indonesia. Malaysia sudah punya LRT dan transportasi massal, mereka jauh dari macet. Tiongkok, awalnya kita bangun Tol Jagorawi, mereka belum, tapi sekarang kita tertinggal jauh sektor infrastrukturnya yang punya jalan tol sangat banyak," tuturnya.

Dengan dasar itu, Bambang menekankan, ketersediaan infrastruktur yang menjawab persoalan harus benar-benar ditingkatkan karena memiliki arti sangat dalam bagi ekonomi Indonesia. Bahkan, manfaat ketersediaan infrastruktur yang berkualitas mampu dirasakan dalam jangka panjang dan tidak hanya dalam jangka waktu pendek saja. 

"Ketika dibangun saja sudah terasa dampaknya, dari ground breaking sampai siap digunakan. Aktivitas infrastruktur itu berdampak bagi ekonomi yang besar. Untuk itu, infrastruktur harus dimajukan, memberikan juga multiflier effect bagi Indonesia. Bisa membantu daya beli masyarakat juga," tutup dia.


(ABD)


Vietnam Juara Piala AFF 2018

Vietnam Juara Piala AFF 2018

1 day Ago

Vietnam sukses menekuk Malaysia 1-0 di lek kedua Final Piala AFF 2018. Hasil ini memastikan Vie…

BERITA LAINNYA
Video /