Seniman Indonesia Pukau Masyarakat Inggris Lewat Pentas Budaya

   •    17 Desember 2015 17:17 WIB
indonesia-inggris
Seniman Indonesia Pukau Masyarakat Inggris Lewat Pentas Budaya
Kelompok seni Indonesia yang sempat tampil di Inggris (Foto: Nabila Gita/MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kebudayaan Indonesia terus diperkenalkan ke mancanegara. Inggris menjadi salah satu negara yang menjadi tujuan untuk mempromosikan kebudayaan Indonesia, melalui tiga kelompok seni memukau publik Negeri Ratu Elizabeth.

British Council Indonesia, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, melalui program "Discover Indonesia" memfasilitasi keberangkatan tiga kelompok seniman seni pertunjukan yang terdiri dari seniman boneka Papermoon Puppet Theatre asal Yogyakarta, kelompok musik Kande, Aceh, dan sanggar tari Soerya Soemirat dari Surakarta. Mereka tampil di empat panggung seni pertunjukan bergengsi di Inggris pada Agustus–September lalu.

Menurut Direktur British Coucil Indonesia, Sally Goggin, kegiatan ini sangatlah menakjubkan, karena dapat memperkenalkan kebudayaan Indonesia di Inggris agar lebih dikenal. Kata dia, rakyat Inggris tak banyak yang mengenal Indonesia, maka kedua negara harus saling mengenal.

"Inggris harus mengenal Indonesia dan sebaliknya Indonesia harus mengenal Inggris," ujar Goggin saat ditemui di kantor British Council Indonesia, Jakarta, Kamis, (17/12/2015).

Sally menjelaskan bahwa "Discover Indonesia" merupakan bukti konkret dari kolaborasi yang melibatkan talenta muda dari The Black Country dan Indonesia untuk bekerjasama dalam mempersembahkan berbagai karya yang luar biasa.

"Inisiatif British Council UK-ID selama empat tahun kedepan akan terus memunculkan talenta terbaik dari kedua negara dalam rangka memperkuat hubungan budaya yang ada selama ini," imbuh Goggin.

Ketiga seniman mendapat kesempatan untuk melakukan pertunjukan dan melakukan workshop yang di lakukan di empat panggung seni bergengsi di antaranya, C Venue di Edinburg, Southbank Center di London, Cryptic di Glasgow, dan Walles Millenium Center di Cardiff dengan tema Wonderful Indonesia.

"Kami sangat tertarik untuk melihat lebih banyak lagi kolaborasi dan pertukaran kebudayaan antara kedua negara di bidang kesenian dan industri kreatif di masa depan dan Discover Indonesia ini merupakan awal yang baik. Kami terus membuka kesempatan dengan berbagai pihak untuk mengembangkan hubungan budaya kedua negara," kata Direktur Kesenian dan Industri Kreatif British Council Indonesia, Adam Pushkin.

Program Discover Indonesia sendiri bermula dari inisiatif British Council dalam memperkenalkan industri kreatif dan kesenian Indonesia dengan mengundang delegasi dari panggung pertunjukan seni asal Inggris untuk menghadiri Indonesia Performing Art Market (IPAM) pada 2013 lalu. (Nabila Gita)
 


(FJR)


Deschamps Berharap Pemain Prancis Raih Ballon d'Or
Timnas Prancis

Deschamps Berharap Pemain Prancis Raih Ballon d'Or

11 hours Ago

Meski demikian ia percaya pemenang Ballon d'Or dalam 10 edisi sebelumnya, Lionel Messi dan …

BERITA LAINNYA
Video /