Rekapitulasi Suara Pilkada Hari Kedua Berjalan Lancar

Damar Iradat    •    17 Desember 2015 17:21 WIB
pilkada serentak
Rekapitulasi Suara Pilkada Hari Kedua Berjalan Lancar
Ilustrasi pilkada serentak,--Foto: Dok/MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Rekapitulasi suara pada Pilkada serentak di tingkat kabupaten kota memasuki hari kedua. Rekapitulasi berjalan lancar.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sigit Pamungkas mengatakan, rekapitulasi berjalan sesuai jadwal. Tidak ada gangguan berarti dalam rekapitulasi Pilkada.

"Pada hari pertama rekap di tingkat Kabupaten/Kota laporan secara umum berlangsung dengan baik. Meski di beberapa daerah terjadi demonstrasi, namun itu tidak mengganggu proses rekap," kata Sigit, di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (17/12/2015).

Soal penetapan hasil rekapitulasi pemenang Pilkada, KPU belum bisa menjalankan. Pasalnya, untuk menetapkan harus menunggu apakah bakal ada sengketa di Mahkamah Konstitusi atau tidak.

"Baru menetepkan suara pasangan calon. Paslon akan ditetapkan setelah dinyatakan apakah ada sengketa di MK atau tidak, kalau tidak ada setelah tiga hari penetapan pasangan calon, maka akan ditetapkan calon terpilihnya," jelasnya.

Penetapan Paslon terpilih, jika tidak ada permohonan perselisihan hasil pemilihan pun sudah dijadwalkan. Untuk tingkat calon bupati/wakil bupati, calon wali kota/wakil wali kota penetapan rekapitulasi dijadwalkan pada 21-22 Desember. Sementara, penetapan calon gubernur/wakil gubernur 22-23 Desember.

"Kalau itu berjalan lancar berarti tanggal 24 diumumkan. Tetapi, kalau ada sengketa di MK, maka penetapan calon ditetapkan setelah putusan MK," pungkasnya.


(MBM)


Video /