Partisipasi Pemilih Sleman dan Bantul Naik, Gunungkidul Turun

Ahmad Mustaqim    •    17 Desember 2015 18:38 WIB
pilkada serentak
Partisipasi Pemilih Sleman dan Bantul Naik, Gunungkidul Turun
Foto ilustrasi. (Metrotvnews.com/Ahmad Rofahan)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Tiga kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta, menorehkan hasil berbeda dalam hal partisipasi pemilih. Dua kabupaten menunjukkan grafik meningkat, sementara satu kabupaten mengalami penurunan.

Komisioner KPU DIY, Nur Huri Mustofa mengungkapkan, di Kabupaten Bantul, tingkat partisipasi pemilih mencapai 75,25 persen. Persentase itu terhitung meningkat sekitar dua persen dari ajang pilkada lima tahun silam. "Pada Pilkada 2010, persentase pemilih sekitar 73,69 persen," ucap Nur Huri di Kantor KPU DIY, Kamis (17/12/2015).

Di Kebupaten Sleman, persentase penggunaan hak pilih juga menunjukkan grafik menanjak. Jika pilkada lima tahun lalu hanya 70,67 persen, pilkada tahun ini sebanyak 72,23 persen.

Sementara itu, Kabupaten Gunungkidul memiliki lain cerita. Kabupaten berjuluk Handayani ini justru menunjukkan angka penurunan dalam partisipasi pemilih.

Pilkada lima tahun lalu, tingkat partisipasi pemilih di kabupaten ini sebesar 71,87 persen. Tahun ini, angka itu menurun menjadi 70,10 persen.

Nurhuri berdalih, menurunnya partisipasi pemilih di Kabupaten Gunungkidul diakibatkan banyak masyarakat setempat yang merantau ke luar kota. "Kemudian, karena pilkada ini bersamaan musim tanam. Mereka berangkat ke ladang pagi, lalu pulangnya sore hari," ucapnya.

Terkait Kabupaten Bantul dan Sleman yang partisipasinya meningkat, menurutnya hal itu menjadi salah satu buah dari hasil sosialisasi yang dilakukan KPU bersama KPPS dan PPS. Meski begitu, lanjutnya, dalam ajang evaluasi pemilihan umum selanjutnya, perlu ada evaluasi mengenai hal itu agar partisipasi masyarakat bisa meningkat.


(SAN)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /