Kementan Perluas Sawah Baru di 2016

Gervin Nathaniel Purba    •    17 Desember 2015 18:43 WIB
kementerian pertaniankementan ads
Kementan Perluas Sawah Baru di 2016
Ilustrasi. (FOTO ANTARA/Asep Fathulrahman)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Pertanian (Kementan) akan mengadakan program perluasan areal sawah hingga 200 ribu hektare (ha) pada 2016. Untuk pengadaan program tersebut, Kementan akan menggunakan dana sebanyak Rp6 triliun dalam APBN 2016.

Menteri Pertanian (Mentan) Andy Amran Sulaiman mengatakan target pencetakan sawah baru tersebut akan difokuskan pada daerah-daerah yang masih defisit beras. Adapun target pencetakan sawah baru itu naik 10 kali lipat dari realisasi tahun ini sebesar 200 ribu ha.

"Ini fokus pada daerah-daerah yang shortage yang tidak bisa memenuhi kebutuhannya sendiri. Contoh Maluku, NTT, Riau, ini perlu realisasi, perlu lahan skala priortritas agar masyarakat tidak dibebani biaya," ujar Amran, saat ditemui di Markas Besar (Mabes) TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (17/12/2015).

Menurut Amran, harga beras di daerah yang deifisit cenderung mahal. Kemudian, ongkos transportasi untuk pengiriman beras dari daerah lain membuat harga beras menjadi lebih mahal di tingkat konsumen.

Oleh sebab itu, diperlukan adanya areal sawah di daerah yang mengalami defisit agar pasokan beras menjadi meningkat dan tidak bergantung lagi pada daerah lain dan memiliki harga yang lebih murah.

"Kalau produksi masing-masing itu hemat kan, karena biaya transport yang bayar adalah konsumen," tuturnya.


(AHL)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

18 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /