Doa Tiga Agama akan Antarkan Ben ke Pemakaman

Muhammad Khoirur Rosyid    •    17 Desember 2015 18:53 WIB
tokoh
Doa Tiga Agama akan Antarkan Ben ke Pemakaman
Benedict Anderson. (dok: gradschool.cornell.edu)

Metrotvnews.com, Surabaya: Akhir pekan lalu, ahli kajian Indonesia, Benedict Richard O'Gorman 'Ben' Anderson meninggal. Jenazahnya disemayamkan di Surabaya, Jawa Timur. Ben berwasiat agar didoakan dalam tiga agama sebelum dimakamkan.

Salah seorang keluarga Ben, Khanis Suvianita mengatakan, ritual menggunakan cara dari tiga agama berbeda adalah permintaan dari almarhum sebelum meninggal. Sebab, selama ini Ben sangat mencintai seluruh bentuk keyakinan keagamaan di Indonesia.

"Sebelum pemakaman akan dilakukan tahlilan, upacara paritta dan upacara tutup peti," katanya di Surabaya, Kamis (17/12/2015).

Tahlilan akan dilakukan pada Jumat malam 18 Desember 2015 yang dipimpin kolega Bendict Teguh Rachnanto salah seorang Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Surabaya. Kemudian, upacara paritta akan dipimpin Bhikku Tejapuno, sementara tutup peti akan dipimpin Romo Kurdo Irianto.

"Om Ben menginginkan agar di Indonesia juga terjadi keharmonisan antaragama," ujar Khanis.

Khanis menjelaskan, sebelum dimakamkan, jenazah akan dikeramasi pada Sabtu 1 Desember 2015. Kemudian sekitar pukul 09.30 WIB abu jenazah akan dimakamkan. "Kami sangat kehilangan Om Ben," ujarnya.

Ben Anderson meninggal di Malang pada 11 Desember 2015 di sebuah hotel. Ben merupakan salah seorang Indonesianis, dan banyak menulis buku yang cukup terkenal. Di antaranya Imagined Communities, serta Revolusi Tiga Bendera.

Perjalanan karir Ben, diawali tahun 1966 dan 1984. Saat itu dia menjadi editor Jurnal Interdisipliner Indonesia. Selain di Indonesia, pada 1970 Ben juga menjadi pakar Asia Tenggara.

Sejumlah pendapat kritisnya membuat Ben sempat dilarang masuk Indonesia pada Orde Baru. Namun, setelah itu dia bisa masuk kembali ke Indonesia.


(SAN)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

8 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /