Kenaikan Fed Rate tak Selamanya Berdampak Buruk

Dian Ihsan Siregar    •    17 Desember 2015 18:54 WIB
bri
Kenaikan Fed Rate tak Selamanya Berdampak Buruk
Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk Asmawi Syam (Kiri). ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk Asmawi Syam menyambut baik langkah bank sentral AS telah menaikkan suku bunga (Fed rate) 25 basis poin.

Menurut dia, kebijakan tersebut setidaknya menciptakan kepastian bagi pasar keuangan sehingga spekulasi yang selama ini terjadi lama kelamaan berkurang.

"Spekulasi kita ini mau naik berapa naikinnya berapa kan, kita enggak tahu. Kalau ini kan ada kepastian, dengan ini kita tinggal bekerja," kata Asnawi di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Kamis (17/12/2015).

Menurut dia, kondisi ekonomi kita sudah bisa dibilang dewasa, sehingga ketika suku bunga AS naik, gejolaknya tidak membabi buta seperti yang diprediksi. Pasalnya, Indonesia pun telah menyiapkan diri menghadapi hal tersebut.

Apalagi, jika melihat dampak kenaikan suku bunga the Fed ternyata bukan menekan ekonomi dunia, namun justru memperbaiki. Misalnya seperti harga komoditas, bisa saja ketika ekonomi membaik maka pasar komoditas juga meningkat. Kalau sudah begitu, maka akan meningkatkan ekspor Indonesia

"Kalau nanti dunia akan membaik dengan kenaikan the Fed ini justru nanti dampaknya akan ada, komoditi sekarang lagi turun  kemungkinan bisa rebound lagi, ekspor kita bisa juga meningkat, kita enggak bisa menganggap ini parsial," ujar dia.

Sementara, terkait hubungannya dengan suku bunga Indonesia, dia menilai bank sentral Indonesia (BI) sebaiknya mempertahankan suku bunga pada level saat ini yakni 7,5 persen. Jangan sampai BI menyesuaikan suku bunga dengan langkah yang sama seperti the Fed. 

Lebih jauh, dirinya juga percaya, BI pasti telah melakukan kajian-kajian terlebih dahulu dalam mengambil keputusan terkait suku bunga, seperti misalnya kajian mengenai perekonomian secara menyeluruh.


(SAW)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

18 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /