BI Catat Stabilitas Sistem Keuangan Tetap Solid

Dian Ihsan Siregar    •    17 Desember 2015 19:07 WIB
keuanganbank indonesia
BI Catat Stabilitas Sistem Keuangan Tetap Solid
Bank Indonesia (MI/ROMMY PUJIANTO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) mencatat stabilitas sistem keuangan tetap solid, ditopang oleh ketahanan sistem perbankan dan relatif terjaganya kinerja pasar keuangan. Diharapkan, kondisi semacam ini terus terjadi di waktu-waktu mendatang guna mendukung pertumbuhan ekonomi lebih maksimal dan berkualitas. 

"Ketahanan industri perbankan tetap kuat dengan risiko-risiko kredit, likuiditas, dan pasar yang cukup terjaga," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara, di Kompleks Perkantoran BI, Jakarta, Kamis (17/12/2015). 

Pada Oktober 2015, rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio/CAR) masih kuat, jauh di atas ketentuan minimum delapan persen, yaitu sebesar 20,8 persen. Sementara itu, rasio kredit bermasalah (Non Performing Loan/NPL) tetap rendah dan berada di kisaran 2,7 persen (gross) atau 1,4 persen (net). 

Dari sisi fungsi intermediasi, pertumbuhan kredit tercatat sebesar 10,4 persen (year-on-year/yoy), lebih rendah dari pertumbuhan pada periode yang sama tahun sebelumnya, sejalan dengan melambatnya pertumbuhan ekonomi (prosiklikalitas). 

Sementara itu, pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) pada Oktober 2015 tercatat sebesar 9,0 persen (yoy). Ke depan, sejalan dengan meningkatnya aktivitas ekonomi dan dampak pelonggaran kebijakan makroprudensial, serta penurunan GWM Primer oleh Bank Indonesia, pertumbuhan kredit diperkirakan akan terus meningkat menjadi 12-14 persen pada 2016.


(ABD)

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya
Jelang Tottenham vs Juventus

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya

4 hours Ago

Striker Tottenham Hotspur, Fernando Llorente, menegaskan tidak akan merayakan jika dia mencetak…

BERITA LAINNYA
Video /