Indonesia Power Bangun Pembangkit Kejar Rasio Elektrifikasi

Dhana Kencana    •    17 Desember 2015 19:39 WIB
pembangkit listrik
Indonesia Power Bangun Pembangkit Kejar Rasio Elektrifikasi
Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) di Tambak Lorok, Semarang. Foto: Metrotvnews.com/Dhana Kencana

Metrotvnews, Semarang: PT Indonesia Power terus membangun pembangkit tenaga listrik untuk memenuhi target pemerintah melalui program 35 ribu megawatt (MW) hingga 2019. Rencananya, pada 2016 dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Blok 3 di Tambaklorok, Semarang, Jawa Tengah. Pembangkit tersebut mampu memasok 700 MW.

Selain itu akan dikembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) di Pekalongan‎, yaitu PLTMH di Lambur dengan kapasitas 8 MW dan PLTMH di Harjo Sari dengan kapasitas 6 MW, serta PLTMH Gunung Wungkul berkapasitas 3 MW di Banjarnegara. 

Selain di Jateng, Indonesia Power juga mengembangkan pembangkit di Jawa Barat. Adalah Pembangkit Listrik Pembangkit Air (PLTA) Rajamandala di Padalarang 47 MW serta Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Tangkuban Perahu 110 MW.

"Pembangkit-pembangkit sudah mulai kita kembangkan. Pembangkit itu diharapkan memenuhi target program 35 ribu MW pada 2019 nanti,"‎ kata General Manager PT Indonesia Power UP Semarang, Tarwaji, Kamis (17/12/2015).

Penyiapan sejumlah pembangkit tersebut, tambah Tarwaji, juga dipersiapkan untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang memerlukan dukungan listrik nasional.‎ 

Pemerintah terus menggenjot pembangunan pembangkit listrik lewat program 35 ribu megawatt (MW) hingga 2019 mendatang. Program tersebut diyakini dapat meningkatkan rasio elektrifikasi di Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) pada Agustus 2014, realisasi elektrifikasi di seluruh Indonesia sudah mencapai 82,37 persen.


(UWA)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 day Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /