BI Beri Sinyal akan Ada Penurunan BI Rate di Awal 2016

Dian Ihsan Siregar    •    17 Desember 2015 20:10 WIB
bi rate
BI Beri Sinyal akan Ada Penurunan BI Rate di Awal 2016
Ilustrasi Bank Indonesia (BI). MI/Usman Iskandar.

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) memberi sinyal akan menurunkan suku bunga acuan (BI rate) di awal 2016. Hal itu seiring data makro ekonomi dalam dan luar negeri yang mendukung pelonggaran kebijakan moneter.

‎D‎irektur Eksekutif Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Juda Agung menjelaskan, Rapat Dewan Gubernur (RDG) akan mengevaluasi perkembangan inflasi yang menurut prediksinya akan membuat BI mengambil langkah untuk menurunkan BI Rate.

"Data-data terkini terkait inflasi, kami yakin bahwa ‎inflasi di 2015 akan di bawah tiga persen, survei terakhir untuk Desember kira-kira 0,5 persen. Ini tentunya akan menjadi pertimbangan kami di Januari nanti. Kami juga akan kami evaluasi lagi kondisi ekonomi dan instrumen kebijakan yang akan kami keluarkan," jelasnya, ditemui di Gedung BI, Jakarta, Kamis (17/12/2015).

‎Selain itu, menurut Juda, angka defisit transaksi berjalan (CAD) di tahun ini akan mencapai di kisaran dua persen. Tidak hanya itu stabilitas makro ekonomi semakin membaik. Alhasil, akan terjadi pelonggaran moneter di 2016.

"Bentuk pelonggaran bisa secara kuantitatif atau suku bunga, ini jadi pertimbangan kami di Januari nanti. Kami akan evaluasi terus pertumbuhan ekonomi dan instrumen kebijakan yang setiap kami keluarkan," jelas dia.

Kenaikan suku bunga The Fed yang baru dinaikkan 25 basis poin menjadi pertimbangan BI, apalagi fed rate dinaikkan secara gradual ke depannya. Hal itu lah yang membuka ruang pelonggaran moneter di 2016.

‎‎‎Sekadar informasi Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG-BI) kembali memutuskan untuk mempertahankan tingkat suku bunga acuan (BI Rate) di level 7,5 persen.



(SAW)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

11 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /