Persiapan Penting Sebelum Menyusui

Putu Radar Bahurekso    •    18 Desember 2015 13:06 WIB
kesehatan
Persiapan Penting Sebelum Menyusui
Siapkan diri dan mental sebelum menyusui.(Foto:pregnancyandbaby.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menyusui adalah sebuah proses penting bagi ibu dan anak. Tentunya setiap ibu ingin bisa menyusui anaknya sendiri setelah melahirkan karena air susu ibu (ASI) memiliki banyak sekali manfaat bagi anak. Tentu, untuk menghasilkan ASI yang berlimpah, ada banyak hal yang harus dipersiapkan.

Dokter Spesialis Anak sekaligus Pemimpin NICU RS Siloam Kebon Jeruk Jakarta, Naomi Esthernita Dewanto memberikan beberapa saran untuk para ibu maupun calon ibu sebelum menyusui.

“Yang utama tentunya harus mempersiapkan fisik dan mental. Istirahat yang cukup dan teratur. Kalau lagi hamil bisa ikut senam hamil. Kemudian mental juga penting, kendalikan pikiran dan perasaan agar tidak mudah stres,” jelas Naomi.

Selain itu hal penting lainnya adalah konsumsi makanan bergizi  karena kesehatan ibu adalah hal utama yang harus dijaga.

Mempersiapkan diri dengan pengetahuan dan pelatihan pun juga dinilai perlu dalam proses persiapan. Para calon ibu perlu mengetahui bagaimana cara menyusui yang benar, kemudian juga cara memijat payudara agar susu bisa dikeluarkan.

“Perlu tahu juga cara menyusui yang baik. Kan ada kadang ibu yang menyusui anaknya cuma sebentar terus ibunya bilang ‘anaknya enggak mau minum’. Itu bisa jadi cara menyusuinya yang salah. Kemudian cara pijat yang baik, ini perlu supaya bisa merangsang agar ASI keluar dengan baik,” tutur Naomi.

Naomi juga menjelaskan bahwa cara menyusui yang benar adalah meletakan mulut bayi tidak hanya pada puting melainkan pada areola. Perut bayi berhadapan dengan perut ibu. Jikalau posisi menyusui salah bisa membuat puting jadi lecet.

Kemudian yang tidak kalah pentingnya juga adalah mengenai peran keluarga seperti suami,orangtua juga mertua yang seharusnya bisa mendukung proses ASI. "Jangan sampai mertuanya ngomel-ngomel terus, suaminya juga engakk ngedukung. Begitu malah bikin stres,” tuturnya.


(LOV)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 day Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /