Menlu Minta Jepang Percepat Implementasi Kerja Sama Maritim

Fajar Nugraha    •    18 Desember 2015 13:55 WIB
indonesia-jepang
Menlu Minta Jepang Percepat Implementasi Kerja Sama Maritim
Menlu Retno temui PM Jepang Shinzo Abe (Foto: Dok.Kemlu)

Metrotvnews.com, Tokyo: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menhan Ryamizard Ryacudu melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. PM Abe menanggapi hasil pertemuan 2+2 antara kedua negara.

Dalam pertemuan baik PM Abe maupun Menlu Retno menekankan baiknya hubungan Indonesia-Jepang.
"Hubungan Indonesia Jepang sangat kuat dan terus meningkat baik dari kerja sama ekonomi, people to people maupun kerja sama maritim maupun kerja sama bidang pertahanan" ucap Menlu Retno, dalam keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri yang diterima Metrotvnews.com, Jumat (18/12/2015).

Menlu Retno menyampaikan hasil pertemuan 2+2 yang dilakukan bersama Menhan RI dan Menlu dan Menhan Jepang. PM Abe menyambut baik hasil pertemuan 2+2 dan menekankan pertemuan tersebut menunjukan bukti nyata bahwa hubungan Indonesia Jepang semakin strategis.

Menanggapi pernyataan PM Abe, Menlu Retno menegaskan bahwa forum 2+2 harus juga memberi manfaat pada kawasan.  

"Indonesia berharap pertemuan 2+2 tidak saja memberi manfaat bagi kesejahteraan rakyat kedua negara, namun juga berkontribusi kepada perdamaian, stabilitas dan kesejahteraan kawasan," tutur Menlu Retno.

PM Abe memberikan apresiasi kepada peran Indonesia di kawasan khususnya di ASEAN dan berharap kedepan Indonesia terus memainkan peran sentral di ASEAN dan kawasan. Menlu pun mengajak Jepang untuk kerja sama dalam mempercepat implementasi program maritim yang tertera  EAS statement on regional maritim cooperation. Jepang juga didorong untuk kerja sama triangular di bidang maritim.

Perkembangan di Laut China Selatan, juga menjadi isu yang dibahas dalam pertemuan tersebut. Dalam hal ini baik Jepang maupun Indonesia sepakat pentimgnya untuk menjaga keamanan dan stabilitas di kawasan tersebut.


(FJR)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

1 day Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /