DPRD DKI Minta UU Lalu Lintas Direvisi

Wanda Indana    •    18 Desember 2015 14:35 WIB
ojek online
DPRD DKI Minta UU Lalu Lintas Direvisi
ilustrasi. (Foto:MI/Ramdani)

Metrotvnews.com, Jakarta: DPRD DKI meminta pemerintah dan DPR merevisi Undang-undang Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, serta Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2014 tentang Angkutan Jalan. UU lama diminta disesuaikan dengan perkembangan zaman.
 
Anggota DPRD DKI Jakarta Yuke Yurike mengatakan, pemerintah harus memperhatikan kebutuhan transportasi masyarakat. Dirinya menyayangkan jika angkutan umum berbasis aplikasi dilarang. Sebab, aplikasi seperti Go-Jek dan sejenisnya merupakan karya anak bangsa yang dapat memecahkan masalah transportasi.
 
"Go-Jek aplikasi karya anak bangsa yang berinovasi memanfaatkan teknologi, dan terbukti membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat. Seharusnya inovasi-inovasi ini dilakukan oleh pemerintah," kata Yuke, Jumat (18/12/2015).
 
Yuke berharap Pemerintah mempertimbangkan untuk merevisi UU agar ojek online dapat beroperasi sambil menunggu angkutan publik baik. "Kalau dilarang kurang bijaksana. Karena sudah lama menjamur. Kenapa sekarang dilarangnya," katanya.
 
Yuke setuju aturan aturan harus dipatuhi dan dijalankan. Namun, aturan harus disesuaikan dengan perkembangan zaman. Termasuk UU No. 2 Tahun 2009 yang menyebut kendaraan roda dua tidak termasuk angkutan umum karena menyangkut keselamatan penumpang.
 
"Go-Jek, Grabbike, Uber dan lain-lain melakukan fungsi sebagai angkutan umum dan ada pajak-pajak angkutan umum yang tidak terbayarkan. Mereka memang hanya perusahaan aplikasi yang mempertemukan penjual dan pembeli," kata Yuke.
 
Menurut, ojek online berkembang pesat karena pemerintah belum bisa menyediakan alat transportasi yang baik. Permintaan angkutan ojek online yang efisien membuat banyak masyarakat yang tertarik bergabung, apalgi tinggak pengangguran masih tinggi. Untuk itu, menurut Yuke, Kementerian Perhubungan harus membuat aturan terkait keberadaan Go-Jek.


(FZN)


Vietnam Juara Piala AFF 2018

Vietnam Juara Piala AFF 2018

2 days Ago

Vietnam sukses menekuk Malaysia 1-0 di lek kedua Final Piala AFF 2018. Hasil ini memastikan Vie…

BERITA LAINNYA
Video /