Polisi Tetapkan 3 Tersangka Lift Jatuh di Gedung Arkadia

Deny Irwanto    •    18 Desember 2015 15:03 WIB
lift jatuh
Polisi Tetapkan 3 Tersangka Lift Jatuh di Gedung Arkadia
Tersangka lift jatuh di gedung Arkadia, Jaksel. Foto: MTVN/Deny Irwanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Polres Jakarta Selatan menetapkan tiga tersangka jatuhnya lift di tower B gedung Arkadia, Jakarta Selatan. Insiden pada Kamis 10 Desember, menewaskan dua karyawan PT Nestle Indonesia dan melukai seorang petugas kebersihan.

Kapolres Jakarta Selatan Kombes Wahyu Hadiningrat mengatakan, ketiga tersangka bekerja di PT Eltek Indonutama, perusahaan yang mengerjakan lift di gedung Arkadia.

"SM selaku Dirut PT Eltek Indonutama, SF selaku teknisi PT Eltek Indonutama, dan HR selaku teknisi PT Eltek Indonutama," Wahyu membeberkan identitas tersangka di Mapolres Jakarta Selatan, Jumat (18/12/2015).

SM ditetapkan sebagai tersangka karena menandatangani surat tugas untuk SF dan HR pada 3 Desember. Padahal, SF dan HR tidak memiliki ijin operasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 Permenakertrans RI Nomor: PER.03/MEN/1999 tentang syarat keselamatan dan kesehatan kerja lift untuk pengangkut orang dan barang.

"Selain itu, PT Eltek Indonutama selaku perusahaan yang melakukan perawatan dan perbaikan lift tidak memperpanjang surat keputusan penunjukan perusahaan jasa teknis instalatir lift yang dikeluarkan oleh Dirjen P2K3 yang sudah berakhir pada 18 Februari 2010," ujar Wahyu.

Dalam keterangannya, SM menyampaikan seseorang teknisi yang tidak memiliki surat izin operasi dan sebuah perusahaan jasa teknik instalatir lift yang tidak memiliki surat penunjukan tidak diperbolehkan memasang atau memelihara lift.

Dari insiden tersebut, Kepolisian mengamankan alat bukti berupa sling governoor roop, sling main roop, dan klem yang patah.

Ketiga tersangka dikenakan Pasal 359 dan 360 KUHP tentang Kelalaian yang menyebabkan matinya seseorang atau luka-luka dengan ancaman hukuman penjara maksimal lima tahun.


(TRK)


Vietnam Juara Piala AFF 2018

Vietnam Juara Piala AFF 2018

2 days Ago

Vietnam sukses menekuk Malaysia 1-0 di lek kedua Final Piala AFF 2018. Hasil ini memastikan Vie…

BERITA LAINNYA
Video /