Kejagung Harus Segera Panggil Setya Novanto

Nur Aivanni    •    18 Desember 2015 15:18 WIB
pencatut nama presiden
Kejagung Harus Segera Panggil Setya Novanto
Nico Harjanto. Foto: Panca Syurkani/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Kejaksaan Agung diminta segera memanggil bekas Ketua DPR Setya Novanto untuk penyelidikan kasus dugaan pemufakatan jahat. Menurut Direktur Populi Center Nico Harjanto, Novanto kini sudah tak bisa beralasan sibuk setelah secara resmi mundur dari jabatan Ketua DPR. 

"Kejagung harus segera memanggil SN untuk melengkapi penyelidikan, karena mulai besok tidak ada alasan kesibukan sebagai pejabat negara karena ketua fraksi hanyalah posisi dari parpol, bukan AKD seperti ketua komisi dan lainnya," terangnya saat dihubungi Media Indonesia, Jumat (18/12/2015).

Ia menambahkan, Novanto saat ini hanyalah anggota Dewan biasa, sehingga tidak ada alasan bagi dia untuk mengelak dari panggilan-panggilan Kejaksaan Agung.

"(Posisi ketua fraksi) tidak jadi halangan, karena sebagai anggota biasa, paling diperlukan surat persetujuan Presiden yang sangat mudah didapatkan sekarang ini karena hanya masalah administrasi," terangnya.

Sebelumnya, hasil rapat internal Golkar versi Munas Bali memutuskan ketua DPR dijabat oleh Ade Komarudin, yang menjabat sebagai ketua fraksi Golkar di DPR. Sementara, Novanto nantinya yang akan mengisi kursi ketua fraksi tersebut.

Etika Politik Ical Rendah

Lebih jauh Nico menilai, keputusan mengangkat Novanto sebagai ketua fraksi menunjukkan rendahnya etika politik Aburizal Bakrie sebagai ketua umum partai. Ical, sapaan Aburizal, tetap memberikan posisi penting di partai kepada kader yang sudah disidang di Mahkamah Kehormatan Dewan. 

Bahkan, seluruh anggota MKD menyatakan Novanto telah melanggar etika. "Keputusan Ical itu juga menegaskan betapa buruknya orientasi politiknya yang hanya ingin melindungi kroninya yang bermasalah tersebut," kata dia.


(KRI)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

6 hours Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /