Pemerintah Pertimbangkan Rekomendasi Pansus Pelindo II

Husen Miftahudin    •    18 Desember 2015 15:35 WIB
pelindo
Pemerintah Pertimbangkan Rekomendasi Pansus Pelindo II
Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Panitia Khusus (Pansus) Pelindo II merekomendasikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno memberhentikan segera Dirut Pelindo II Richard Joost Lino.

Pansus Pelindo II juga meminta Presiden Joko Widodo memecat Rini Soemarno karena dinilai sebagai sosok yang bertanggungjawab atas perpanjangan pengelolaan Jakarta International Container Terminal (JICT) antara Pelindo II dengan Hutchinson Port Holding (HPH).

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, usulan Pansus Pelindo II tersebut merupakan saran politik. Dan untuk merespons usulan tersebut mesti melalui pertimbangan matang. Harus dilihat aspek-aspek lain sebelum memutuskan apakan akan merealisasikan atau tidak usulan tersebut.   

"Ini kan di DPR itu suatu saran politik. Saran politis , pemerintah tentu selain mempertimbangkan politis juga mempertimbangkan aspek lain," ujar Kalla singkat di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (18/12/2015).

Diberitakan sebelumnya, rekomendasi pemecatan Lino karena Pansus Pelindo II menemukan permasalahan dalam kegiatan pengadaan barang dan jasa, kesalahan perpanjangan pengelolaan JICT, tata kelola perusahaan serta program pembangunan dan pembiayaan terminal Pelabuhan Kali Baru oleh PT Pelindo II.

Selain itu, rekomendasi pemecatan Rini Soemarno karena orang nomor satu di tubuh Kementerian BUMN sengaja membiarkan tindakan yang melanggar Undang-Undang. Pansus juga merekomendasikan kepada aparat penegak hukum untuk melanjutkan penyidikan atas pelanggaran UU yang mengakibatkan kerugian negara serta memberikan sanksi pidana kepada siapa pun yang terlibat.



(KRI)