Giliran Hiddink Dikaitkan Sebagai Pengganti Mourinho

   •    18 Desember 2015 15:31 WIB
chelsea 2015--2016
Giliran Hiddink Dikaitkan Sebagai Pengganti Mourinho
Guus Hiddink dikaitkan menjadi suksesor Mourinho di Chelsea (Foto: AFP/JOHN THYS)

Metrotvnews.com, Beograd: Pelatih asal Belanda Guus Hiddink dikaitkan akan mengambil alih tugas Mourinho di klub Liga Primer Inggris Chelsea. Hal itu dikatakan mantan striker Chelsea Mateja Kezman. Ya, seperti diketahui juara Liga Primer Inggris musim lalu itu telah memecat Jose Mourinho, Kamis 17 Desember waktu setempat.

"Saya tidak tahu apakah itu sudah resmi atau belum, tapi Hiddink sempat mengatakan kepada saya bahwa dia telah menjadi pelatih baru," kata Kezman, yang pernah main di Chelsea pada musim 2004-2005, seperti dikutip laman Kroasia www.index.hr.

"Secara psikologis Hiddink hebat, saya yakin dia bisa membawa Chelsea kembali meraih kemenangan di pertandingan liga utama Inggris," kata Kezman.

"Saya tidak terkejut dengan keputusan (pemilik Chelsea) Roman Abramovic yang memecat Mourinho," katanya.

"Jose pelatih yang luar biasa, tapi hasil pertandingan klub dan posisi klasemen di liga cukup terpuruk untuk ukuran klub sekelas Chelsea," tambahnya.

Saat ini Chelsea berada di urutan ke-16 klasemen Liga Primer Inggris dan hanya berada satu strip di atas zona degradasi setelah 16 pertandingan. Chelsea juga akan menghadapi Paris Saint Germain di babak 16 besar Liga Champions.

Tahun 2009, Hiddink sempat membawa Chelsea menjuarai Piala FA ketika menjadi pelatih sementara menggantikan pelatih asal Brasil Luiz Felipe Scolari.

Hiddink saat itu cepat mengambil hati para pendukung klub dan Abramovic sehingga terlaksana kontrak permanen ketika pertandingan final mereka di kandang dengan mengalahkan Blackburn Rovers 2-0.

Namun milyuner asal Rusia itu memilih pelatih asal Italia Carlo Ancelotti ketika Hiddink hengkang menjadi pelatih Turki, klub Rusia Anzhi Makhachkala dan terakhir melatih timnas Belanda.

Kerja terakhir Hiddink cukup buruk ketika timnas Belanda mengawali start buruk dalam pertandingan kualifikasi Euro 2016. Asistennya Danny Blind yang menggantikannya juga tidak bisa berbuat banyak dengan berakhir gagalnya timnas Belanda lolos ke Euro 2016 di Prancis.

Hiddink (69) bakal menghadapi tugas sulit membawa Chelsea kembali ke jalan sukses setelah apa yang digambarkan Kezman tentang katalog kesalahan yang dibuat Mourinho.

"Kesalahan terbesar yang dibuat Mourinho adalah jendela transfer musim panas, dia gagal mengolah skuat yang dia pikir tim yang ada masih cukup kuat untuk bisa memenangi lagi gelar di Liga utama Inggris," kata mantan striker asal Serbia itu.

"Dan juga dia membuat gaduh para pemain dan tidak mampu mengatasinya," katanya.

"Jose pernah memenangi gelar bersama beberapa klub dimana dia memiliki tim yang terbaik, tapi dia kehilangan kendali pada situasi malam itu," tambahnya.(Ant)


(RIZ)


Video /