Tips Menghindari Stres Setelah Melahirkan

Putu Radar Bahurekso    •    18 Desember 2015 15:54 WIB
kesehatan
Tips Menghindari Stres Setelah Melahirkan
Ibu juga bisa stres setelah melahirkan. (Foto:pregnancyandnbaby.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Melahirkan adalah sebuah pekerjaan berat dan bahkan sebuah keadaan pertaruhan nyawa. Melihat bayi telah lahir tentunya menjadi momen yang sangat berharga dan membahagiakan bagi keluarga terutama sang ibu.

Namun, tak sedikit para ibu yang mengalami tekanan baik pikiran maupun perasaan setelah melahirkan. Berbagai macam hal bisa menjadi sumber stres dan hal tersebut berakibat pada air susu ibu (ASI)

“Tidak sedikit ibu yang mengalami tekanan setelah melahirkan. Misalnya kalau anaknya lahir dengan tidak bugar sehingga harus dapat perawatan intensif. Terus malah kepikiran sama si ibunya, ASI nya yang keluar hanya sedikit,” tutur Dokter Spesalis Anak Naomi Esthernita Dewanto.

Dokter Naomi menambahkan, tekanan juga bisa datang dari pihak keluarga sendiri. Misal dari suami yang tidak suportif terhadap istri atau bahkan mertua yang sering mengomel dan komentar. Hal-hal tersebut akan memberi dampak buruk pada produksi ASI dari ibu yang baru melahirkan.

Maka dari itu, Naomi yang juga pimpinan NICU Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk Jakarta memberikan beberapa tips agar tidak stres setelah melahirkan.

“Kalau dari pihak rumah sakit yang jelas pihak rumah sakit harus punya tim yang mendukung agar si ibu selalu merasa nyaman. Tidak hanya itu, tapi suasana ruangan juga perlu dibuat nyaman bagi sang ibu,” jelas Naomi.

Selain itu, faktor penting lainnya adalah keluarga. Tidak sedikit keluarga yang tidak terlalu peduli terhadap keadaan mental dan pikiran dari ibu baru melahirkan.

“Suami, mertua, dan orangtua perlu dikasih pengertian kalau bisa ajak suaminya nganter kalau pas pergi senam hamil biar para suami ini ngerti juga,” pungkas Naomi.


(LOV)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

3 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /