Terungkap, Ini Penyebab Lift Jatuh di Gedung Arkadia

Deny Irwanto    •    18 Desember 2015 16:26 WIB
lift jatuh
Terungkap, Ini Penyebab Lift Jatuh di Gedung Arkadia
Kombes Wahyu Hadiningrat. Foto: MTVN/Deny Irwanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyebab lift jatuh di Tower B Gedung Arkadia, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, terungkap. Ternyata, tali penyangga lift tidak sesuai standar.

Kapolres Jakarta Selatan Kombes Wahyu Hadiningrat mengatakan, PT Eltek Indonutama, perusahaan yang merawat lift di Gedung Arkadia, lalai. Teknisi mengganti tali penyangga lift dengan ukuran lebih kecil sehingga lift tidak mampu membawa beban.

"Lift terdiri dari tali utama dan tali penyangga. Oleh teknisi, tali penyangga diganti yang seharusnya delapan milimeter menjadi enam milimeter," kata Wahyu di Mapolres Jakarta Selatan, Jumat (18/12/2015).

Budiman, ahli lift yang ditunjuk Dinas Tenaga Kerja DKI Jakarta, mengatakan penggantian tali penyangga tak sesuai standar membuat lift tidak bekerja secara baik. Bahkan, rem lift tidak befungsi.

Jika tali tak sesuai standar, kecepatan naik turun lift tidak sesuai standar keamanan. Budiman mengatakan, tali elektrik dan mekanik lift harus sejajar. Kenyataan lift yang jatuh tidak sepert itu. "Ini artinya ada kegagalan tekhnis," tegas dia.

Lift yang jatuh pada 10 Desember berisi tiga orang, dua karyawan PT Nestle Indonesia dan seorang petugas kebersihan. Dua karyawan Nestle Indonesia tersebut meninggal, sedangkan petugas kebersihan terluka.


(TRK)


Video /