Pertamina Ajak Masyarakat Sumbang Ide untuk Kembangkan EBT

Suci Sedya Utami    •    19 Desember 2015 07:42 WIB
Pertamina Ajak Masyarakat Sumbang Ide untuk Kembangkan EBT
Dirut Pertamina Dwi Soetjipto -- MI/PANCA SYURKANI

Metrotvnews.com, Yogyakarta: PT Pertamina (Persero) mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengembangkan Energi Baru Terbarukan (EBT) dalam rangka menyongsong ketahanan energi nasional. Ajakan ini diharapkan mampu membuat Indonesia memiliki ketersediaan energi yang memadai di waktu-waktu mendatang.

Hal ini seperti diungkapkan oleh Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto, dalam sambutannya, di acara Gebyar Energi Pertamina, yang digelar di Plaza Ambarrukmo, Yogyakarta, Jumat 18 Desember.

"Dalam hal energi, Pertamina salah satu perusahaan energi BUMN, dalam komitmennya Pertamina mendukung upaya ketahanan energi nasional," kata Dwi.

Dwi mengatakan, energi baru terbarukan bisa diciptakan dari sampah-sampah yang nantinya dikelola menjadi energi. Tentu pengembangan semacam ini harus terus dilakukan. Bahkan, hal seperti ini seharusnya bisa dilakukan berbagai macam pihak guna bersama-sama mengembangkan energi baru terbarukan.

Karena, menurut mantan bos Semen Indonesia ini, kedaulatan energi bukan hanya tugas Pertamina. Dirinya yakin, jika dilakukan bersama-sama dengan mengedepankan kreativitas dan inovasi maka sampah bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat, dan bisa menjadi energi.

"Kami undang masyarakat yang punya usulan dengan lingkungan, bagaimana mengelola sampah jadi energi. Silahkan bawa ide atau gagasannya ke Pertamina, dan kita buat ide tersebut jadi kenyataan," pungkas Dwi.
(ABD)


Video /