Kasus Suap FIFA

Saya Telah Dihakimi, Saya Telah Dikutuk

Rendy Renuki H    •    20 Desember 2015 02:25 WIB
liga duniafifa
<i>Saya Telah Dihakimi, Saya Telah Dikutuk</i>
Michel Platini (Foto: AFP / FABRICE COFFRINI)

Metrotvnews.com, Paris: Michel Platini melancarkan serangan terhadap komite etik FIFA dalam pernyataan yang dibacakan pada persidangan, Sabtu 19 Desember waktu setempat. Presiden UEFA tersebut melontarkan pernyataan yang akan menentukan apakah dirinya bersalah melakukan korupsi.

Para investigator komite etik telah menyebutkan bahwa Platini menghadapi hukuman seumur hidup. Pengadilan pun akan merilis putusannya pada Senin 21 Desember besok.

"Saya telah dihakimi, saya telah dikutuk," ujar pria yang juga menjabat wakil presiden FIFA itu dalam pernyataan yang dirilis setelah dibacakan oleh pengacaranya pada persidangan di Zurich.
 
Platini mengatakan,"Antalogi ketidak-bijaksanaan, rumor-rumor, rahasia yang dibocorkan kepada pers oleh sumber-sumber anonim dan jahat dimana FIFA tidak melakukan apapun untuk membungkamnya," pada pernyataannya kepada para hakim.

Pernyataan itu menyoroti wawancara media kepada kepala komite audit FIFA, Domenico Scala, pada Oktober lalu. Scala ia memberikan detail-detail mengenai pembayaran senilai dua juta franc Swiss yang
disetujui oleh presiden FIFA untuk diberikan kepada Platini pada 2011.

Pembayaran itu menimbulkan investigasi FIFA. Sebab, menurut Scala tidak ada kontrak dan jumlah dana yang tercantum dalam akun-akun FIFA. Scala pun menyatakan jika Platini dan Sepp Blatter melakukan kesalahan.

Blatter yang menghadiri persidangan pada Kamis 17 Desember lalu juga menghadapi hukuman seumur hidup. Platini mengatakan kasus yang disiapkan oleh jaksa FIFA Vanessa Allard "memiliki muatan" dan mendeklarasikan, "Saya tidak lagi memiliki kepercayaan terhadap badan-badan disiplin FIFA."

Bagaimanapun, baik Platini maupun Blatter tidak mengungkapkan detail apapun terhadap pembelaan mereka untuk menjustifikasi pembayaran-pembayaran itu. Komite etik FIFA tidak akan mengomentari keputusan Platini untuk merilis pernyataannya.

Sumber yang dekat dengan kepempinan temporer FIFA mengatakan "bukan pekerjaan pada investigator untuk tidak memihak. Namun Tuan Platini pun tidak netral." (Antara/AFP)


(REN)

Joao Cancelo Resmi Menjadi Milik Inter Milan
Inter Milan 2017--2018

Joao Cancelo Resmi Menjadi Milik Inter Milan

2 hours Ago

Inter Milan secara resmi mengonfirmasi perekrutan Joao Cancelo dengan status pinjaman dari Vale…

BERITA LAINNYA
Video /