Tekuk Atalanta, Juventus Tutup 2013 di Puncak Klasemen

   •    23 Desember 2013 01:47 WIB
Tekuk Atalanta, Juventus Tutup 2013 di Puncak Klasemen
REUTERS/Giorgio Perottino/bb

Metrotvnews.com, Atalanta: Bertamu ke Atleti Azzurri d'Italia, Juventus berhasrat menutup 2013 dengan torehan istimewa. Atalanta jadi lawan terakhir Juve sebelum libur dalam lanjutan Liga Italia Serie A gionarta 17, Ahad (22/12).

Hasrat tersebut ditunjukkan Antonio Conte dengan menurunkan para pemain terbaiknya di starting XI. Sementara tuan rumah, allenatore Stefano Calantuono mengubah komposisi lini belakang, dengan menurunkan Guiglermo Stendardo dan Guilo Migliaccio sebagai palang pintu pertahanan.

Babak pertama, Juventus langsung menekan meski tanpa diperkuat sang metronom, Andrea Pirlo. Conte menunjuk Arturo Vidal jadi pengalir bola handal untuk duet Carlos Tevez dan Fernando Llorente di lini depan. Skema permainan terbuka pun ditunjukkan kedua tim.

Buktinya, belum sampai 10 menit laga berjalan Juve sudah membuka keran gol melalui Tevez. Menerima bola muntah hasil penetrasi Vidal, mantan pemain Manchester United itu hanya membutuhkan sekali sentuhan untuk kemudian menembak bola dari situasi sulit.

Diapit dua pemain Atalanta, bola hasil tendangan Tevez meluncur masuk ke gawang Andrea Consigli, tepat di menit ke enam. Juve unggul satu gol atas tuan rumah.

Tertinggal, Atalanta merespon sangat tepat. Secara hebat, mereka balik menguasai laga dan melakukan beberapa upaya untuk mencetak gol. Hasilnya, pada menit ke 15 Maxi Moralez berhasil mencatatkan namanya di papan skor.

Sang trequartista yang berdiri bebas di area pertahanan lawan itu langsung menembak bola dengan keras usai menerima umpan matang Giacomo Bonaventura. Skor imbang 1-1. Gol itu sekaligus mengakhiri rekor 720 menit claen sheet milik Gianluigi Buffon.

Terkejut, Si Nyonya Tua kembali menguasai jalannya laga. Berulang kali peluang didapat Llorente, Marchisio, Vidal, hingga Tevez. Namun masih gagal menghasilkan gol.

Sebaliknya, La Dea lebih mengandalkan serangan balik. Cukup berbahaya, salah satu peluang bersih adalah tembakan jarak jauh Moralez yang nyaris membawa tuan rumah unggul pada menit ke 27. Skor 1-1 bertahan hingga rehat babak pertama.

Pada babak kedua, Juve langsung menggebrak. Tekanan luar biasa ditunjukkan beberapa detik saja setelah kick off dilakukan. Paul Pogba, bocah 20 tahun asal Prancis itu, membuat Juve unggul 2-1 saat laga baru berjalan satu menit.

Atalanta semakin tenggelam dengan permainan ciamik Juventus. Terus menyerang, gol ketiga Juve lahir di menit ke 75. Menerima sodoran manis Giorgio Chiellini, gocekan maut Llorente mampu mengecoh Migliaccio sebelum melepas tembakan keras, yang mengubah kedudukan menjadi 3-1.

Tak berselang lama, giliran Arturo Vidal mencatatkan namanya di papan skor. Tusukan Stephan Lichsteiner di sisi kiri pertahanan Atalanta dilanjutkan umpan mendatar sempurna, yang mampu diselesaikan Il Guerreiro, tepatnya di menit ke 79.

Skor 4-1 bertahan hingga laga usai. Menang, Juventus semakin kokoh sebagai capolista Serie A lewat torehan 46 poin, unggul lima angka dari Roma yang juga menang dengan skor meyakinkan 4-0 atas Catania.(Goal)


Siapa Lolos, Siapa Tersingkir di <i>Matchday</i> 5? Ini Hitung-hitunganya!
Liga Champions 2017--2018

Siapa Lolos, Siapa Tersingkir di Matchday 5? Ini Hitung-hitunganya!

2 hours Ago

Sebanyak 12 tim berpeluang mengikuti jejak empat tim yang sebelumnya sudah lebih dulu lolos ke …

BERITA LAINNYA
Video /