Popularitas Apple Tingkatkan Ancaman Baru

Lufthi Anggraeni    •    20 Desember 2015 09:33 WIB
symantec
Popularitas Apple Tingkatkan Ancaman Baru
Peningkatan popularitas perangkat buatan Apple juga berdampak pada peningkatan serangan malwarenya.

Metrotvnews.com: Symanctec mengumumkan kemunculan ancaman baru yang menargetkan sistem operasi iOS dan Mac OS X. Dalam dua tahun terakhir, Symantec mencatat peningkatan jumlah infeksi dan ancaman baru pada perangkat Apple.

Pada tahun 2013, Symantec mencatat peningkatan ancaman perangkat bersistem operasi Mac OS X sebesar 44 persen, sedangkan pada 2012 sebesar 29 persen. Jumlah ancaman pada perangkat bersistem operasi Mac OS X, sebut Symantec, mengalami peningkatan sebesar 15 persen pada tahun 2014. Sementara pada tahun ini, ancaman meningkat lebih dari dua kali lipat.

Jumlah komputer Mac terinfeksi malware selama sembilan bulan pertama di tahun 2015 tercatat mengalami peningkatan tujuh kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Angka ini, jelas Symantec, disebabkan oleh grayware, seperti adware, yaitu aplikasi yang tidak diinginkan atau menjebak. 

Symantec juga menyebut, sebagian besar ancaman yang berhasil dicatat menargetkan perangkat yang telah mengalami proses jailbreak sebagai fokus utama mereka. Dari 13 ancaman iOS, Symantec telah menemukan 9 ancaman yang dapat menginfeksi perangkat ini.

Untuk menghindari infeksi malware pada perangkat Apple, Symantec menyarankan beberapa hal pada pengguna, di antaranya untuk selalu melakukan update sistem operasi dan software. Selain itu, pengguna disarankan untuk memahami resiko dan berhati-hati jika berencana untuk melakukan jailbreak pada perangkat.


(MMI)

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar
Paris Saint-Germain vs Celtic

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar

11 hours Ago

Neymar berhasil menyarangkan sepasang gol ke gawang Celtic  pada menit ke-9 dan menit ke-2…

BERITA LAINNYA
Video /