Hanya Selesaikan 7,5 Persen RUU, Kinerja DPR Dinilai Terburuk

Achmad Zulfikar Fazli    •    20 Desember 2015 12:45 WIB
dpr
Hanya Selesaikan 7,5 Persen RUU, Kinerja DPR Dinilai Terburuk
Para anggota DPR menyanyikan lagu Indonesia Raya saat memulai rapat paripurna kelima di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa 1 September 2015. Foto: MI/Mohamad Irfan

Metrotvnews.com, Jakarta: Kinerja DPR selama kurun waktu hampir satu tahun ini dinilai buruk. Pasalnya, hanya tiga dari 40 Rancangan Undang-undang Prioritas 2015 yang berhasil dikerjakan para anggota dewan ini.

Peneliti Formappi, Abdul Said mengatakan, pihaknya menilai DPR selama hampir satu tahun ini telah bekerja tanpa prestasi apapun. Justru menurut dia, DPR hanya menunjukan tindakan tercela yang ditunjukan sejumlah anggota dewan dan pimpinannya.

"Kemampuan legislasi DPR hanya 7,5 persen," kata Abdul dalam diskusi 'DPR Mengkhianati Kepercayaan Rakyat' di kantor Formappi, Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur, Minggu (20/12/2015).

Abdul pun menyayangkan, tiga RUU yang berhasil diselesaikan DPR tidak seluruhnya murni dari kerja DPR. Sebab, dua dari tiga RUU tersebut merupakan Undang-undang yang dihasilkan dari Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu), yakni RUU tentang Pilkada dan RUU tentang Pemda.

"Hanya satu RUU Prioritas yang dihasilkan menjadi UU yakni tentang penjaminan. Di luar itu, DPR hanya menghasilkan 13 UU Kumulatif Terbuka," jelas dia.

Menurut dia, kinerja DPR yang hanya berhasil menyelesaikan 7,5 persen fungsi legislasinya sebagai prestasi terburuk DPR selama pascareformasi.

Peneliti Formappi lainnya, Lucius Karus menambahkan, minimnya RUU yang berhasil diubah menjadi UU oleh DPR, lantaran selama ini DPR hanya sibuk dalam melakukan rencana. Namun, tidak ada hasilnya.

"DPR itu hanya sibuk berencana saja, tetapi tidak bisa membuktikan lebih banyak, hanya satu saja yang RUU murni yang berhasil disahkan," kata Lucius.


(MBM)


Nikola Kalinic Menolak Medali Piala Dunia 2018

Nikola Kalinic Menolak Medali Piala Dunia 2018

1 hour Ago

Kalinic tetap terdaftar dalam 23 skuat Kroasia dan berhak mendapat medali perak juara kedua. Na…

BERITA LAINNYA
Video /