Pansel: Pemilihan Pimpinan KPK Sudah Libatkan Berbagai Elemen

Intan fauzi    •    21 Desember 2015 06:42 WIB
capim kpk
Pansel: Pemilihan Pimpinan KPK Sudah Libatkan Berbagai Elemen
Mantan anggota Panitia Seleksi KPK Betty Alisjahbana (tengah) dalam jumpa pers untuk menyatakan penolakan terhadap UU Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kantor ICW, Jakarta. MI/M IRFAN.

Metrotvnews.com, Jakarta: Lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi periode 2015-2019 kerap dianggap dapat melemahkan lembaga penegak hukum tersebut. Juru Bicara Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK Betti Alisjahbana pun menjawab tudingan tersebut. 

Menurut Betti, pimpinan KPK baru Agus Rahardjo Cs sejatinya telah melewati seleksi yang ketat. Dalam prosesnya, Pansel juga melibatkan seluruh elemen masyarakat. 

"Penelusuran rekam jejak dilakukan dengan bekerjasama dengan KPK, PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan), Kejaksaan, Kepolisian, Kumham, BIN, Kementerian Keuangan," kata Betti kepada Metrotvnews.com, Minggu (20/12/2015) malam.

Tak hanya itu, Pansel juga telah meminta data-data dari Indonesia Corruption Watch yang mengumpulkan laporan masyarakat terhadap tiap capim KPK. "Selain itu Kami juga menjaring masukan dari masyarakat," jelas dia.

Tes yang dilakukan kepada calon pimpinan KPK juga berlapis-lapis. Mereka harus melalui pengecekan administrasi, uji makalah, profile assessment, wawancara terbuka hingga tes kesehatan jiwa dan raga.

"Hal yang kami lihat selama proses adalah integritas, kepemimpinan, independensi dan kompetensi," jelas Betti.

Akhirnya, anggota Komisi III bidang Hukum DPR RI memilih lima nama sebagai nahkoda baru Korps Antirasuah. Mereka adalah Staf ahli Kepala BIN Saut Situmorang, Hakim Ad Hoc Tipikor PN Jakarta Pusat Alexander Marwata, Widyaiswara Madya Sespimti Polri Brigjen (Pol) Basaria Panjaitan, Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintahan Agus Rahardjo dan akademisi Universitas Hasanuddin Laode Muhammad Syarif.

Betti pun optimistis, Ketua KPK Agus Rahardjo dan empat rekannya mampu membawa KPK ke arah yang lebih baik. "Iya saya yakin," pungkas Betti.


(OGI)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /