Mekanisme Dibalik Starkiller di Film Star Wars

Ellavie Ichlasa Amalia    •    21 Desember 2015 10:25 WIB
poptech
Mekanisme Dibalik Starkiller di Film Star Wars
Tampilan dari Starkiller. (Lucasfilm)

Peringatan: artikel ini mengandung bocoran film Star Wars: The Force Awakens.

Metrotvnews.com: Dalam film Star Wars: The Force Awakens, First Order, penerus dari Empire, berhasil menjadikan sebuah planet sebagai senjata raksasa yang disebut Starkiller. Pada dasarnya, Starkiller memiliki fungsi yang sama dengan Death Star, hanya saja, Starkiller memiliki ukuran yang jauh lebih besar.

Starkiller adalah sebuah planet dengan iklim salju yang telah dirombak sedemikian rupa, sehingga ia menjadi sebuah markas besar militer. Seperti namanya, Starkiller akan menyedot energi bintang yang ada di sekitarnya dan menyimpan energi tersebut dalam inti planet.

First Order lalu dapat menggunakan energi ini untuk menembakkan plasma yang dapat menghancurkan beberapa planet sekaligus dalam satu sistem keplanetan.

The Verge melaporkan, dalam film The Force Awakens, tidak dijelaskan teknologi apa yang digunakan oleh First Order untuk menyedot energi dari bintang. Dalam kehidupan nyata, ada fenomena luar angkasa yang memiliki mekanisme yang sama.

Sama seperti Starkiller, sebuah black hole juga dapat menyedot material pada bintang di dekatnya, dan cara kerja black hole jauh lebih brutal dan berantakan dari Starkiller.

Black hole adalah sebuah obyek langit dengan kepadatan yang sangat tinggi. Ia memiliki daya tarik gravitasi yang sangat besar sehingga cahaya sekalipun tidak dapat menghindari tarikan grativasinya. Pada jarak yang tepat, sebuah bintang dapat berputar mengelilingi black hole layaknya planet mengelilingi sebuah bintang.

Namun, sesekali, bintang yang mengorbit di sekitar black hole akan keluar dari jalurnya dan menjadi terlalu dekat dengan black hole.

Inilah video simulasi dari proses terkoyaknya sebuah bintang oleh sebuah black hole.



Jika sebuah bintang terlalu dekat dengan black hole, maka ia akan tertarik masuk ke dalam atau terkoyak oleh gravitasi black hole. Saat sebuah bintang terkoyak, puing-puing yang tersisa dari bintang tersebut akan tersedot masuk ke dalam black hole.

Tampaknya, begitulah cara kerja Starkiller, ia akan menarik gas yang ada pada sebuah bintang ke dalamnya. Hanya saja, saat black hole menarik sebuah bintang, proses ini tidak serapi seperti yang digambarkan dalam film.

"Gas dari bintang akan berterbangan ke segala arah, sebagian akan tersedot masuk ke dalam black hole dan sebagian yang lain akan membentuk cakram galaksi," kata Roseanne Cheng, seorang ilmuwan astrofisika di Johns Hopkins University.

Cakram tersebut juga dikenal sebagai piringan akresi, piringan yang terbuat dari gas, debu dan puing luar angkasa yang berputar di pinggir sebuah black hole. Piringan ini akan berputar mendekati inti black hole. Gerakan ini akan menciptakan efek ekstrem seperti panas yang sangat tinggi, x-ray dan sinar gamma.

Semua hal ini akan menciptakan sebuah medan magnet yang kuat, yang akan mencuat keluar dari black hole. Jadi, jika Starkiller menggunakan teknologi yang memungkinkannya untuk melakukan apa yang sebuah black hole lakukan, akan ada awan gas panas yang berputar di sekitar Starkiller. Dan awan gas panas ini sangat berbahaya.

Selain itu, akan ada puing-puing yang tertarik ke black hole. Terkadang, puing-puing ini justru terdorong menjauh dalam kecepatan yang sangat tinggi, mendekati kecepatan cahaya. Dan jika Anda sudah menonton film Star Wars: The Force Awakens, Anda pasti sadar bahwa puing-puing ini tidak ada di sekitar Starkiller.

Faktanya, jika terdapat sebuah black hole di dalam Starkiller, seharusnya, planet tersebut tidak dapat ditinggali oleh manusia. Planet itu akan terkoyak karena gravitasi dari sebuah black hole. Orang-orang yang tinggal di permukaannya akan tertarik layaknya mie ke dalam pusat gravitasi black hole.

Mengingat The Force Awakens mengambil seting lokasi di galaksi lain yang di dalamnya terdapat Force, mungkin teknologi yang digunakan untuk membuat Starkiller bukanlah hal yang mustahil.


(MMI)

Video /