Pemerintah Dorong Perusahaan BUMN Ikut Andil Sektor Pertambangan

Annisa ayu artanti    •    21 Desember 2015 18:01 WIB
bumn
Pemerintah Dorong Perusahaan BUMN Ikut Andil Sektor Pertambangan
Menteri BUMN Rini Soemarno. Foto MI.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah mendorong perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dapat berkontribusi dalam kegiatan hilirisasi pertambangan. Hal itu dilakukan agar meningkatkan pemanfaatan hasil pertambangan menjadi barang jadi.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, dengan masuknya perusahaan BUMN di sektor pertambangan akan meningkatkan posisi perusahaan BUMN untuk mengelola sektor pertambangan tersebut.

"Kemudian ditempat lain seumpamanya mengenai tambang dan pertambangan. Bagaimana kita memanfaatkan posisi kita di pertambangan untuk kita membangun industri hilirisasi supaya kita bisa memanfaatkan apa yang kita miliki menjadi barang jadi," kata Rini usai peluncuran ATM Himbara, di Pusat Grosir Tanah Abang Blok B, Jakarta Pusat, Senin (21/12/2015).

Menurutnya, dorongan masuknya perusahaan pelat merah dalam sektor pertambangan ini masuk dalam roadmap Kementerian BUMN dalam lima tahun mendatang.

"Roadmap ini tidak bisa cuma ngomong begini aja. Roadmap ini kan besar sekali. Ini kan dalam program-program kita dalam lima tahun mendatang," ucap dia.

Lebih lanjut, kata Rini, pihaknya sangat mengupayakan kemungkinan-kemungkinan perusahaan BUMN untuk dapat memiliki bagian dari usaha hilirisasi pertambangan. Salah satunya adalah pembelian saham PT Freeport Indonesia sebesar 10,64 persen.

"Jadi kalau dari BUMN melihat kemungkinan ini karena BUMN ingin mencoba bagaimana turut memiliki (Freeport) mengingat BUMN mempunyai target hilirisasi dari bahan baku oleh negara kita," jelas dia.


(SAW)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /