Rio Capella Divonis 1 Tahun 6 Bulan Penjara

Wanda Indana    •    21 Desember 2015 18:05 WIB
gratifikasi bansos sumut
Rio Capella Divonis 1 Tahun 6 Bulan Penjara
Mantan Sekjen Partai Nasional Demokrat (NasDem) Patrice Rio Capella (kanan) menjawab pertanyaan wartawan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (16/10).--Foto: Antara/Hafidz Mubarak

Metrotvnews.com, Jakarta: Patrice Rio Capella divonis hukuman pidana 1 tahun 6 bulan penjara dan denda Rp150 juta subsider satu bulan kurungan penjara. Rio terbukti bersalah menerima uang Rp200 juta dari gubernur nonaktif Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho.

"Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan, bersalah dengan melakukan tindak pidana korupsi. Oleh karena itu, menjatuhkan hukuman pidana kepada terdakwa 1 tahun 6 bulan penjara, dan denda Rp150 juta," ujar Hakim Artha Theresia saat membacakan amar putusan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (21/12/2015).

Hakim mengatakan, pada 20 Mei, Rio menerima duit dari Gubernur nonaktif Sumut Gatot Pujo Nugroho melalui istrinya, Evy Susanti. Rio menerima besel lewat Fransisca Insani Rahesti alias Sisca, anak buah O.C. Kaligis.

"Di persidangan telah terungkap pada 20 Mei di Hotel KC, terdakwa menerima uang sebesar Rp200 juta dari Evy melalui saksi Sisca. Uang dikatakan untuk ngopi-ngopi. Uang sebesar Rp50 juta dikembalikan pada Sisca sebagai pengganti uang transport dan lain-lain. Unsur menerima uang atau hadiah terpenuhi," jelas hakim.

Vonis Hakim lebih rendah ketimbang tuntutan Jaksa Penuntut Umum KPK. Sebelumnya, Rio dituntut hukuman pidana dua tahun penjara dan denda Rp50 juta subsider satu bulan kurungan penjara.

Jaksa KPK menilai, mantan anggota Komisi III DPR itu bersalah menurut hukum sesuai Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana dakwaan kedua.

Adapun hal yang memberatkan putusan vonis Rio adalah jabatannya sebagai penyelenggara negara yakni anggota DPR yang bertentangan dengan program pemerintah dalam pemberantasan korupsi dan telah menghilangkan pendapatan negara.

Hal yang meringankan, terdakwa mengakui dan menyesali perbuatannya, memiliki tanggungan keluarga dan belum pernah dihukum. Selain itu, Rio juga mengajukan diri sebagai justice collaborator.


(MBM)

Thiago Alcantara Cedera Serius
Anderlecht vs Bayern Muenchen

Thiago Alcantara Cedera Serius

1 hour Ago

Kemenangan Bayern Muenchen atas Anderlecht pada matchday kelima Liga Champions 2017 -- 2018 diw…

BERITA LAINNYA
Video /