Tjahjo: MK Seleksi 123 Gugatan Pilkada

Dheri Agriesta    •    21 Desember 2015 20:49 WIB
pilkada serentak
Tjahjo: MK Seleksi 123 Gugatan Pilkada
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. (Foto: MI/Arya Manggala)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mahkamah Konstitusi (MK) menyeleksi 123 gugatan perkara hasil pemilihan kepala daerah yang didaftarkan. Seleksi untuk mengetahui kebenaran kecurangan yang dilaporkan.
 
"Ada 123 perkaran yang didaftarkan, saya sudah ketemu dengan Ketua MK (Arief Hidayat). Dia sedang konsentrasi menyeleksi betul perkara yang diajukan. Terbukti dengan data-data atau tidak," kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (21/12/2015).
 
Tjahjo mengatakan, upaya itu dilakukan MK agar berbagai pihak tak asal melaporkan gugatan hasil pilkada. Jangan sampai, pihak yang kalah sengaja menggugat agar kekalahan mereka diputus MK.
 
Tjahjo yakin, MK punya mekanisme untuk menyeleksi perkara yang masuk. Sebab, setiap pasangan memiliki hak untuk mengajukan gugatan sesuai aturan dan mekanisme yang berlaku. "MK punya kriteria pemenuhan data yang cukup, valid atau tidak," kata Tjahjo.
 
Waktu yang dimiliki MK untuk menangani perkara pilkada serentak sangat terbakat. MK telah membentuk tim untuk menyeleksi laporan itu. "Pak Arief akan memeriksa apakah memiliki alat bukti yang cukup,” kata Tjahjo.
 
Kepala Biro Humas MK Ahmad Budi Djauhari mengatakan, MK akan mengumumkan berkas laporan pengadu lengkap atau tidak pada 31 Desember 2015. Pemohon yang belum melengkapi legal standing diberi waktu tambahan tiga hari. Sidang sengketa dimulai 7 Januari 2016.


(FZN)


Jelang Hadapi Liverpool, Pelatih Kecewa dengan Performa Roma
AS Roma vs Genoa

Jelang Hadapi Liverpool, Pelatih Kecewa dengan Performa Roma

1 day Ago

Eusebio kesal karena para pemain Roma kerap terlena saat sudah berada dalam posisi unggul.…

BERITA LAINNYA
Video /