Pelabuhan Sunda Kelapa Kian Memprihatinkan, SOS Bergerak

Putu Radar Bahurekso    •    21 Desember 2015 21:42 WIB
wisata jakartawisata sejarah
Pelabuhan Sunda Kelapa Kian Memprihatinkan, SOS Bergerak
Pelabuhan Sunda Kelapa (Foto: MI/Atet Dwi

Metrotvnews.com, Jakarta: Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan salah satu pelabuhan kuno pertama yang masih bertahan hingga sekarang.

Pelabuhan Sunda Kelapa diperkirakan sudah ada sejak abad ke-5 pada masa kerajaan Tarumanagara dengan rajanya Purnawarman. Pelabuhan ini memasuki masa keemasannya pada abad ke-12.

"Pelabuhan Sunda Kelapa sudah ada sejak sekitar abad kelima dan pelabuhan ini punya nilai sejarah dan budaya yang penting," ujar Yori Antar, penggagas kampanye SOS saat ditemui di Kemang, Jakarta, belum lama ini.

Namun, pelabuhan yang berada di muara Sungai Ciliwung ini kini nasibnya kian memprihatinkan. Pelabuhan yang dulunya menjadi pusat perdagangan itu semakin tak terurus.

Peran dari pemerintah dan masyarakat, dinilai masih sangat kurang dalam mempedulikan pelabuhan Sunda Kelapa.

"Indonesia sangat kaya akan alam dan budaya. Kita, masyarakat punya peran. Kitalah yang harus berkontribusi untuk melestarikannya," ucap Catrini Pratihari, Ketua Badan Pelestarian Pusaka Indonesia.

Kurangnya perhatian dari masyarakat membuat banyak orang tidak mengetahui  Sunda Kelapa.

"Tidak banyak malah orang di Jakarta yang tahu apa itu Sunda Kelapa. Sangat perlu untuk meningkatkan kesadaran di masyarakat tentang Sunda Kelapa," katanya.

Kini, mulai muncul gerakan kepedulian terhadap keberadaan dan keadaan Sunda Kelapa. Salah satunya Gerakan Kampanye SOS (Save Our Sunda Kelapa). Gerakan ini adalah gerakan kepedulian terhadap Sunda Kelapa yang menjadi salah satu bagian sejarah Jakarta.

Gerakan SOS ini diprakarsai oleh organisasi Sunda Kelapa Heritage dan beberapa tokoh lain. Gerakan ini bukanlah gerakan mencari profit, melainkan murni kepedulian terhadap Sunda Kelapa.

"Kita ingin ada sebuah kegiatan yang berkelanjutan dan punya nilai. Enggak hanya hiburan semata. Ada merchandise yang dijual dan seluruh keuntungannya digunakan untuk gerakan Sunda Kelapa ini," pungkas Dino Augusto, penggagas ide Puspa Pesona.


(ELG)

Thiago Alcantara Cedera Serius
Anderlecht vs Bayern Muenchen

Thiago Alcantara Cedera Serius

1 hour Ago

Kemenangan Bayern Muenchen atas Anderlecht pada matchday kelima Liga Champions 2017 -- 2018 diw…

BERITA LAINNYA
Video /