Netizen Banyak Soroti Petisi Kategori Anti Korupsi

Arga sumantri    •    22 Desember 2015 04:49 WIB
petisi dukungan
Netizen Banyak Soroti Petisi Kategori Anti Korupsi
Artis Atiqah Hasiholan (kedua kiri) mengajak semua perempuan menolak korupsi saat peringatan Hari Kartini 2015, di Jakarta, Minggu (26/4). Foto: Antara/Reno Esnir

Metrotvnews.com, Jakarta: Publik jagat maya atau biasa disebut Netizen rupanya cukup punya perhatian terhadap isu korupsi di Indonesia. Netizen ramai-ramai menyuarakan gerakan anti korupsi lewat dunia maya.

Wadah petisi online Change.org Indonesia melansir gerakan anti korupsi jadi kategori paling populer disuarakan netizen sepanjang 2015. Tercatat ada 500 ribu lebih netizen yang menandatangani petisi dengan kategori isu anti korupsi sepanjang 2015.

"Gerakan anti korupsi ini tercatat paling ramai saat maraknya isu kriminalisasi sejumlah petinggi KPK, seperti Bambang Widjojanto dan Abraham Samad," ungkap Direktur Komunikasi Change.org Indonesia Desmarita Murni di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Senin (21/12/2015).

Menyusul di bawahnya, yakni petisi dengan kategori Lingkungan dan Satwa. Kategori itu tercatat mendapat 325 ribu lebih dukungan sepanjang 2015.

Kisruh sepak bola tanah air, antara PSSI vs Menpora juga jadi isu yang banyak disoroti netizen. Isu tersebut menyumbang mayoritas tanda-tangan pada petisi dengan kategori olah raga sepanjang tahun ini.

"Total untuk kategori olah raga ada 263.865 tanda tangan. Kategori olah raga ada di urutan ketiga," ujar Desma.

Isu toleransi umat beragam di Indonesia juga jadi kategori paling populer yang disuarakan netizen setahun terakhir. Tercatat ada 210 ribu lebih tanda tangan atas petisi dengan kategori toleransi.

Kategori keadilan pidana ada di tempat kelima. Sebanyak 139.661 tanda tangan netizen tercatat ikut menyuarakan petisi-petisi dengan kategori keadilan pidana.


(REN)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

21 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /