Benamkan City, Arsenal Tempel Ketat Leicester City

Achmad Firdaus    •    22 Desember 2015 05:00 WIB
liga inggrismanchester city 2015--2016arsenal 2015--2016
Benamkan City, Arsenal Tempel Ketat Leicester City
Bersama Mesut Oezi, Theo Walcott (kanan) merayakan golnya yang membantu Arsenal mengalahkan Manchester City 2-1 (Foto: AP Photo/Alastair Grant)

Metrotvnews.com, London: Arsenal berhasil memenangi laga penting kontra rivalnya dalam memperebutkan gelar juara musim ini, Manchester City. The Gunners sukses menaklukkan City 2-1 pada pekan ke-17 Liga Primer Inggris, 22 Desember dini hari WIB. 

Menjamu City di Emirates Stadium, Selasa 22 Desember 2015, Arsenal tampil tanpa Alexis Sanchez yang belum sepenuhnya fit dari cedera. Untuk itu, pelatih Arsene Wenger menurunkan Joel Campbell untuk menemani Mesut Oezil dan Theo Walcott di lini kedua. Sementara Olivier Giroud bertugas sebagai ujung tombak.

Di kubu lawan, City mendapat angin segar dengan kembalinya Sergio Aguero yang telah pulih dari cedera. Yang sedikit aneh, Manuel Pellegrini menyimpan Raheem Sterling di bangku cadangan dan lebih memilih untuk menurunkan Fabian Delph.

Duel kedua tim berjalan relatif seimbang. Arsenal sebagai tuan rumah tidak bisa leluasa mengendalikan jalannya pertandingan. Malah, City yang terlihat lebih dominan dalam penguasaan bola di 15 menit pertama. Namun, sejauh ini kedua tim nampak cukup berhati-hati dalam membangun serangan, sehingga tak banyak peluang berbahaya dari kedua kubu.

City dan Arsenal akhirnya berani bermain terbuka setelah laga berjalan setengah jam. City membuka peluang pertama lewat Kevin De Bruyne yang tidak terkawal di sisi kiri pertahanan Arsenal.

Mantan pemain Wolfsburg tersebut sukses berlari masuk ke kotak penalti Arsenal tanpa kawalan berarti. Tapi sayang, tembakan mendatar keras yang dilepaskannya hanya tipis di sisi gawang Petr Cech.

Arsenal gantian merespons dan langsung mencetak gol pada kesempatan pertama yang mereka dapatkan. Pada menit ke-33, Theo Walcott sukses menggetarkan gawang Joe Hart lewat sepakan melengkungnya dari tepi kotak penalti. 1-0 untuk tuan rumah.

Tertinggal, City coba meningkatkan intensitas serangan. Namun, alih-alih mencetak gol penyeimbang, gawang Hart justru kembali bobol. Kali ini giliran Giroud yang mencatatkan namanya di papan skor dengan tembakan terarahnya dari sudut yang cukup sempit.

Mesut Oezil kembali tampil sebagai kreator terciptanya gol. Sebelumnya, pemain asal Jerman ini jugalah yang memberikan umpan kepada Walcott. Hingga turun minum, Arsenal memimpin dengan keunggulan 2-0.

Babak kedua dimulai, Arsenal yang tak ingin kehilangan momentum, coba memberikan tekanan sejak awal. Joel Campbell mendapat dua peluang emas yang seharusnya bisa dikonversi menjadi gol. Sayangnya, penyerang asal Kosta Rika ini tidak cukup tenang dalam menuntaskan peluang yang dimilikinya pada menit ke-54 dan 55.

Peluang emas kembali dibuang para pemain Arsenal pada menit ke-59. Kali ini giliran Aaron Ramsey yang gagal menaklukkan Hart dalam posisi one-on-one.

Sadar timnya sulit berkembang, Pellegrini kembali melakukan perubahan. Setelah memasukkan Raheem Sterling di awal babak kedua, Pellegrini menarik keluar Aguero dan memasukkan Wilfried Bony. Tak berapa lama berselang, Jesus Navas masuk untuk menggantikan David Silva sebagai pergantian terakhirnya.

Sepuluh menit jelang laga usai, City mendapatkan asa untuk selamat dari kekalahan. Sebuah tendangan first time cantik dari Yaya Toure hasil umpan satu-dua dengan Bacary Sagna sukses membuat Cech tidak berdaya.

Skor 2-1 membuat para penggawa City kembali bersemangat. Sejumlah peluang pun berhasil didapat, namun sayangnya gagal dikonversi menjadi gol. Skor 2-1 untuk kemenangan Arsenal menjadi penutup laga.

Dengan hasil ini, Arsenal terus menempel ketat pimpinan klasemen saat ini Leicester City. Dengan koleksi 36 poin, The Gunners hanya terpaut dua angka dari pasukan Claudio Ranieri yang sejauh ini tampil spektakuler.

Adapun, City tidak beranjak dari posisi tiga dengan raihan 32 angka, atau unggul tiga angka dari Tottenham Hotspur, Manchester United, dan Crystal Palace yang sama-sama mengoleksi 29 poin. 

Susunan Pemain
Arsenal (4-2-3-1):
Cech; Bellerin, Mertesacker, Koscielny, Monreal; Flamini, Ramsey; Walcott/Chambers (89'), Oezil/Chamberlain, Campbell/Gibbs (70'); Giroud

Manchester City (4-3-3): Hart; Sagna, Otamendi, Mangala, Kolarov; Fernandinho, Toure, Delph/Sterling (46'); Silva/Navas (73'), Aguero/Bony (63'), De Bruyne.


(ACF)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /