Nelayan Temukan 10 Korban Terapung di Perairan Siwa Diduga Korban KM Marina

Lina Herlina    •    22 Desember 2015 05:34 WIB
kapal tenggelam
Nelayan Temukan 10 Korban Terapung di Perairan Siwa Diduga Korban KM Marina
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Luwu: Andi Imran, 30, seorang nelayan dari Desa Raja, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, berhasil menemukan empat jaket pelampung serta sekoci milik kapal KM Marina Baru 2B yang mengalami kecelakaan, Sabtu, 19 Desember lalu. Penemuan di sekitar perairan Luwu.

Imran mengungkapkan, penemuan jaket pelampung dan sekoci bermula saat dirinya mencari ikan dengan menjauh dari perairan sekitar Luwu. Ketika berada di tengah laut sekitar pukul 12.00 Wita, Imran melihat sebuah barang berwarna oranye.

Penasaran, Imran mendekati barang tersebut yang ternyata adalah jaket pelampung. "Ada tulisannya Marina Baru 2B," kata Imran, Senin (21/12/2015) malam.

Ketika mengetahui bahwa jaket pelampung bertuliskan Marina Baru, Imran kemudian menjalankan kembali perahunya untuk mencoba mencari kembali barang-barang milik Marina Baru.

"Tidak jauh dari penemuan pelampung pertama, sekitar 500 meter ada jaket pelampung tiga buah, lalu ada sekoci hitam sekitar 500 meter dari pelampung kedua. Saya langsung naikan semua jaket dan sekoci ke atas kapal," urai Imran.

Tak cuma itu, Imran sempat melihat sejumlah korban yang diduga penumpang KM Marina. Namun Imran tidak berani menarik korban karena mereka diperkirakan meninggal dengan kondisi badan yang membengkak.

"Kapal yang saya bawa tidak besar dan tidak cukup untuk mengangkut korban-korban. Ada sekitar 10 mayat di sana. Mengapung berpencar tapi tidak terlalu berjauhan," tambah dia.

Usai mendapat temuan itu, Imran yang kembali dari laut langsung melaporkan pada pemerintah daerah setempat. Mendapat laporan tersebut tim Basarnas gabungan pun bergegas ke lokasi yang dimaksud nelayan itu untuk segera mengevakuasi korban.

Dengan kondisi korban yang bengkak, tim DVI Bidokkes Polda Sulsel sudah menyiapkan posko antemortem di Siwa. Bila yang dilihat Imran benar, maka jumlah korban yang akan ditemukan berjumlah 52 orang.

KM Marina Baru 2B berangkat dari Pelabuhan Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara menuju Pelabuhan Bansalae, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, pukul 11.00 Wita, Sabtu 19 Desember 2015. Kapal itu dihantam ombak setinggi 5 meter dan karam di perairan Sulawesi. Kapal hilang kontak pukul 14.50 kemudian sempat melaporkan ke Syahbandar Siwa pukul 16 Wita.

Kapal mengangkut 117 penumpang. Terdiri dari 91 dewasa, 5 anak-anak, 14 balita, dan 12 anak buah kapal. Hingga kini, evakuasi masih berlangsung.


(REN)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

15 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /