Kabupaten Bangkalan Kekurangan Guru PNS

Agus Josiandi    •    22 Desember 2015 14:54 WIB
pendidikan
Kabupaten Bangkalan Kekurangan Guru PNS
Ilustrasi.

Metrotvnews.com, Bangkalan: Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Bangkalan, hingga saat ini masih kekurangan guru berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS). Akibatnya, tenaga pengajar didominasi oleh guru tidak tetap (GTT).

"Lebih banyak guru SD yang berstatus GTT atau sukarelawan, dibanding yang sudah PNS," terang Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bangkalan, Bambang Budi Mustika, Selasa (22/12/2015).

Bambang menjelaskan, jumlah SD di kabupaten Bangkalan sebanyak 664 lembaga. Sedangkan, guru yang berstatus PNS hanya berjumlah 3.742 orang.

"Kalau dihitung, di setiap sekolah hanya ada lima guru berstatus PNS," paparnya.

Idealnya menurut Bambang, masing-masing SD harus memiliki 10 tenaga pendidik (pengajar) dan tenaga kependidikan. Rinciannya, satu kepala sekolah, enam guru kelas, satu guru olahraga, satu guru agama, dan satu pesuruh berstatus PNS.

"Sementara jumlah guru berstatus GTT mencapai 2.627 orang. Pengangkatannya langsung dari pihak kepala sekolah terkait," tandasnya.

Pihak Disdik berharap, proses pengangkatan Guru sukarelawan menjadi PNS dapat terpenuhi dalam waktu dekat. Hal itu perlu dilakukan agar kegiatan belajar mengajar di sekolah dapat lebih optimal.



(MEL)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

21 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /