Pasukan Sniper Sudah Menyebar di Jawa Timur

Antara, Muhammad Khoirur Rosyid    •    23 Desember 2015 13:07 WIB
natal dan tahun baru
Pasukan <i>Sniper</i> Sudah Menyebar di Jawa Timur
Personel Polda Jatim berdoa dalam apel Operasi Lilin Semeru. (Ant/Suryanto)

Metrotvnews.com, Surabaya: Polda Jawa Timur mulai mempersiapkan pengamanan Natal dan Tahun Baru. Dua belas ribu pasukan gabungan diturunkan dalam operasi dengan sandi Operasi Lilin Semeru 2015. Beberapa di antaranya merupakan penembak jitu alias sniper.

Kapolda Jawa Timur Irjen Polisi Anton Setiadji mengatakan, total ada 12.852 pasukan yang diturunkan di seluruh Jawa Timur dan dibantu dengan polres. Pasukan tersebut merupakan gabungan dari personel TNI dan aparat pemerintah daerah.

Anton mengatakan, beberapa lokasi yang menjadi pusat perhatian polisi adalah seluruh objek vital. Di antaranya tempat ibadah gereja, objek wisata, mall dan perhotelan. Terminal bandara dan pelabuhan juga diprediksi bakal meningkat aktivitasnya. Untuk itu, pasukan juga diturunkan guan melakukan pengawasan.

“Kami juga akan memeriksa barang bawaan masyarakat yang kami anggap perlu untuk diperiksa,” ujar Anton setelah memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2015 di lapangan Mapolda Jatim, Rabu (23/12/2015).

Anton menambahkan, pasukan penembak jitu sudah diturunkan. Bahkan, Tim Gegana Polda Jatim juga sudah melakukan patroli setiap malam, terutama Sabtu dan Minggu. Selain sejumlah objek vital, patroli juga melintasi rumah Gubernur, Pangdam Brawijaya, Pangarmatim, Kapolda, dan sebagainya.

"Semua sniper sudah turun, karena keamanan masyarakat itu penting, termasuk keamanan personel juga," kata Anton.

Melansir Antara, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol RP Argo Yuwono mengatakan Operasi Lilin Semeru 2015 akan dilakukan 24 Desember 2015 hingga 2 Januari 2016 dengan melibatkan 12.852 polisi se-Jatim.

"Mereka akan mengamankan 2.488 gereja, 316 objek wisata, 146 tempat perayaan pergantian tahun atau car free day, 350-an tempat perbelanjaan atau mal, 32 pelabuhan, enam bandara, 85 stasiun kereta api, 72 terminal, dan sebagainya," katanya.

Dalam pengamanan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 itu, Polda Jatim juga menyiapkan 187 pos pengamanan dan 44 pos pelayanan agar masyarakat bisa meminta bantuan langsung kepada aparat kepolisian.


(SAN)

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho
Liga Champions 2017 -- 2018

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho

9 hours Ago

Conte merasa Mourinho masih sering memperhatikan apa yang terjadi di Chelsea. Untuk itu, ia mem…

BERITA LAINNYA
Video /