Amerika Larang Penggunaan Tanning Bed untuk Remaja di Bawah 18 Tahun

Sri Yanti Nainggolan    •    23 Desember 2015 18:20 WIB
kecantikan
Amerika Larang Penggunaan <i>Tanning Bed</i> untuk Remaja di Bawah 18 Tahun
Penggunaan tanning bed berisiko kanker kulit. (Foto:nbcnews.com)

Metrotvnews.com, New York: Food and Drug Administrastion (FDA) Amerika mengusulkan aturan larangan remaja yang berusia di bawah 18 tahun menggunakan tanning bed karena risiko kanker kulit. Berdasarkan survei pemerintah setempat, terdapat sekitar 1,6 juta remaja berusia di bawah 18 tahun yang melakukan tanning atau menggelapkan kulit setiap tahun.

Menggunakan perangkat tanning meningkatkan risiko paling mematikan dari kanker kulit dan melanoma sebesar 59 persen, menurut American Academy of Dermatology. Kelompok lain menempatkan peningkatan risiko kanker akibat tanning bed sekitar 20 persen.

Sekitar sepertiga orang dewasa di Amerika Serikat mengaku pernah menggunakan tanning bed, dengan mayoritas pemakainya adalah wanita. Sekitar 40 negara bagian telah melarang penggunaan tanning bed untuk anak-anak dan remaja. Menurut National Cancer Institute, tingkat insidensi melanoma pada wanita berusia di bawah 40 tahun telah meningkat sepertiga sejak awal 1990-an.

Usulan FDA ini akan terbuka untuk komentar publik selama 90 hari. Pada 2013 lalu, sudah ada proposal semacam ini, namun sempat terhenti. Menurut FDA, ada sekitar 19.000 salon indoor tanning di Amerika dan 20.000 fasilitas lain yang menawarkan hal serupa.

"Tindakan ini dimaksudkan untuk membantu melindungi kaum muda dari penyebab yang diketahui dan mencegah dari kanker kulit dan bahaya lainnya," kata Dr Stephen Ostroff, komisaris aksi FDA. "Individu bawah 18 berada pada risiko terbesar dari konsekuensi yang merugikan kesehatan indoor tanning," tambahnya.

FDA juga mengusulkan mengharuskan orang dewasa menandatangani dokumen mengatakan mereka memahami risiko menggunakan tanning bed, dan mengharuskan tanning bed memiliki label peringatan yang lebih mudah untuk dimengerti dan tombol keadaan darurat.

Sementara itu, The Indoor Tanning Association menyatakan bahwa indutri tersebut telah diatur dan orang-orang yang menggunakannya telaah menyadari potensi risiko dari penggunaan tanning bed. (Youthhealthmag)


(LOV)

Barcelona Resmi Perkenalkan Paulinho
Paulinho ke Barcelona

Barcelona Resmi Perkenalkan Paulinho

7 hours Ago

Barca juga menyertakan klausul pengaktifan pemain yang bernama lengkap José Paulo Bezerr…

BERITA LAINNYA
Video /