Tanpa Alasan Jelas, Keluarga Muslim Dilarang ke Disneyland

Willy Haryono    •    24 Desember 2015 10:32 WIB
penerbangan dunia
Tanpa Alasan Jelas, Keluarga Muslim Dilarang ke Disneyland
Turis mengantre tiket Disneyland di California, AS, 22 Januari 2015. (Foto: AFP/FREDERIC J. BROWN)

Metrotvnews.com, London: Sebuah keluarga Muslim dilarang terbang ke Amerika Serikat (AS) untuk mengunjungi taman wisata Disneyland.

Mereka dihentikan di bandara saat hendak naik ke pesawat menuju Los Angeles di bandara Gatwick, London, oleh petugas keimigrasian. 

Mohammad Tariq Mahmood, yang pergi bersama kakak dan sembilan anaknya, mengaku petugas tidak memberikan alasan jelas mengapa mereka dilarang pergi ke AS. 

Namun dia mengatakan kepada surat kabar Guardian bahwa mungkin ini terjadi karena beberapa aparat AS meyakini "setiap Muslim adalah ancaman."

"Karena saya berjanggut dan terkadang saya memakai pakaian bernuansa Islam. Saya dihentikan (petugas) dan disodori berbagai bertanyaan," kata Mahmood kepada BBC, seperti dikutip AFP, Rabu (23/12/2015). "Ini terjadi setiap saya hendak menggunakan pesawat."

Keluarga Mahmood juga tidak mendapatkan pengembalian uang tiket setelah gagal terbang, yang jumlahnya mencapai USD13,400. 

Dalam sebuah pernyataan, Otoritas Perlindungan Perbatasan dan Bea Cukai AS tidak merujuk pada kasus Mahmood, tapi mengatakan ada lebih dari 60 orang yang tidak diizinkan ke AS, termasuk untuk alasan kesehatan dan kriminal. 

"Agama dan keyakinan spiritual dari turis internasional bukan faktor yang menentukan apakah dia bisa masuk ke AS," ucap pernyataan otoritas AS. 

Menurut data otoritas AS, sekitar 11,600 orang dilarang terbang ke AS sepanjang 2015. 

Stella Creasy, pejabat dari Partai Buruh di London, meminta Perdana Menteri David Cameron untuk menangani kasus Mahmood. Kantor Cameron mengonfirmasi sang PM akan segera merespon permintaan Creasy.

Kedutaan AS di London belum merespon atas permintaan untuk mengomentari kasus Mahmood.


(WIL)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

14 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /