Emas Dunia Melemah Akibat Data Positif AS

   •    24 Desember 2015 10:48 WIB
harga emas
Emas Dunia Melemah Akibat Data Positif AS
Ilustrasi (Spencer Platt/AFP)

Metrotvnews.com, Chicago: Emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange berakhir lebih rendah pada Rabu waktu setempat (Kamis pagi WIB), karena data ekonomi Amerika Serikat (AS) yang positif memberikan kekuatan terhadap dolar AS (USD).

Mengutip Antara, Kamis 24 Desember, kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Februari turun sebanyak USD5,8 atau 0,54 persen menjadi menetap di USD1.068,30 per ounce.

Pengeluaran pribadi meningkat 0,3 persen pada November dan pendapatan meningkat 0,3 persen, dengan upah meningkat 0,5 persen pada November, menyusul kenaikan 0,6 persen pada Oktober, menurut laporan yang dirilis oleh Departemen Perdagangan Rabu.

Data tersebut lebih baik dari perkiraan, menempatkan emas di bawah tekanan. Logam mulia juga berada di bawah sejumlah tekanan sangat ringan ketika sebuah laporan yang dirilis Rabu oleh Departemen Perdagangan AS menunjukkan penjualan rumah baru meningkat 4,3 persen pada November ke tingkat tahunan 490.000 unit.

Para analis mengatakan bahwa meskipun mengalami peningkatan, angka ini lebih rendah dari perkiraan, mungkin masih bisa dianggap sebagai tanda positif karena peningkatan pembangunan membawa pasokan tambahan ke sektor perumahan, membantu mengangkat penjualan rumah baru.

Indeks USD naik pada Rabu sebesar 0,24 persen menjadi 98,46 pada pukul 17.30 GMT. Indeks adalah ukuran dari dolar terhadap sekeranjang mata uang utama. Emas dan dolar biasanya bergerak berlawanan arah, yang berarti jika dolar naik maka emas berjangka akan jatuh, karena emas yang diukur dengan dolar menjadi lebih mahal bagi para investor.

Perak untuk pengiriman Maret turun 2,7 sen atau 0,19 persen menjadi ditutup pada USD14,287 per ounce. Platinum untuk pengiriman Januari turun USD4,9 atau 0,56 persen menjadi ditutup pada USD868,10 per ounce.


(ABD)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /