Ratusan Anggota Banser Dilibatkan dalam Pengamanan Gereja di Batu

Miski    •    24 Desember 2015 10:53 WIB
natal
Ratusan Anggota Banser Dilibatkan dalam Pengamanan Gereja di Batu
Foto: Anggota Banser NU di Manado juga ikut mengamankan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016/Ant_Adwit B Pramono

Metrotvnews.com, Batu: Sebanyak 180 anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdlatul Ulama Kota Batu, Jawa Timur, dilibatkan dalam pengamanan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016. Mereka ikut mengamankan 28 gereja di Kota Batu.

Ratusan personel Banser itu akan membantu kepolisian mengamankan tempat keramaian dan simpul kemacetan. Ini bukan kali pertama Banser dilibatkan dalam pengamanan, melainkan sudah enam tahun terakhir.

Komandan Banser Kota Batu Mochamad Suwito mengatakan, empat hingga sembilan personel Banser akan membantu pengamanan di setiap gereja. Khusus Gereja Gembala Baik dan Carmel, di Kelurahan Sisir, Kota Batu, akan diamankan sembilan personel.

"Kami sudah koordinasi dengan kepolisian, dan pemerintah daerah. Langkah ini menindaklanjuti instruksi pengurus Banser pusat," kata dia, saat dihubungi Metrotvnews.com, Kamis 24 Desember 2015.

Wito menambahkan, turut sertanya personel Banser dalam pengamanan perayaan Natal sebagai bentuk toleransi antarumat beragama. Selama ini, tidak ditemukan adanya ancaman teror dan bahaya terhadap umat kristiani yang merayakan Natal.

Pengamanan berlangsung mulai Kamis 24 Desember hingga 25 Desember esok. Tidak ada persiapan khusus selama pengamanan Natal. Setiap personel juga tidak dibekali persenjataan lengkap. Sebab, hadirnya Banser untuk membantu aparat kepolisian.

"Tidak semua umat Islam radikal dan menentang kerukunan umat beragama. Kami hadir di gereja-gereja sebagai wujud persatuan dan kesatuan warga Indonesia," pungkas dia.


(TTD)

Cancelo Segera Berseragam Inter Milan
Inter Milan 2017--2018

Cancelo Segera Berseragam Inter Milan

4 hours Ago

Joao Cancelo akan segera menandatangani kontrak bersama Inter Milan. Itu terjadi setelah dia lo…

BERITA LAINNYA
Video /