Ini Empat Tim yang Harus Turun Kasta ke Divisi Utama

Achmad Firdaus    •    06 September 2014 04:52 WIB
liga indonesia
Ini Empat Tim yang Harus Turun Kasta ke Divisi Utama
Pemain Persepam Slamet Nurcahyo (tengah) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Persela Lamongan ( ANTARA FOTO/Saiful Bahri)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dengan berakhirnya babak reguler atau penyisihan grup kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2014, maka, berakhir juga kiprah empat tim di kasta tertinggi sepak bola Indonesia. Mereka harus turun kasta alias degradasi.

Dua tim dari wilayah Barat dan dua tim lainnya di wilayah timur harus menerima kenyataan turun kasta ke divisi utama pada musim depan lantaran mengakhiri musim di dua posisi paling bawah.

Pada pekan terakhir yang digelar serentak, Jumat (5/9) kemarin, persaingan menghindari jerat degradasi di wilayah Barat tidak menarik. Itu karena Persita Tangerang dan Persijap Jepara sudah dipastikan tersingkir pada pekan sebelumnya.

Dan apesnya, kedua tim menandai kiprah terakhirnya di ISL dengan menelan kekalahan. Persita yang menjamu PBR dipaksa menyerah 3-1 yang sekaligus membuat PBR memastikan diri lolos ke babak delapan besar, mengungguli Persija Jakarta.

Sementara di pertandingan lain, Persijap Jepara yang juga melakoni laga kandang kontra pemuncak klasemen, Arema Cronous, justru kalah dengan lebih memalukan lagi. Skuat Laskar Kalinyamat diterkam Singo Edan dengan skor telak 8-0!

Sementara dari wilayah Timur, persaingan lolos dari zona degradasi berlangsung ketat dan dramatis. Persepam Madura United dan Perseru Serui berpotensi menemani Persiba Bantul turun kasta ke divisi utama.

Pada laga pamungkasnya, Perseru Serui yang bertandang ke kandang Persela Lamongan, berhasil memetik kemenangan 3-1. Sementara di pertandingan lain, Persepam harus menyerah dari tamunya Persipura Jayapura dengan skor tipis 1-2.

Gol Robertino Pugliara di menit-menit akhir laga, menggagalkan satu poin yang sangat berharga buat Persepam, karena hasil tersebut harus dibayar dengan tiket menuju divisi utama.

Persepam dan Perseru Serui serta Persiram Raja Ampat sebenarnya mengakhiri musim kompetisi dengan poin sama, yakni 23. Namun, apes bagi tim Sapeh Kerap, mereka kalah head to head dari kedua tim tersebut.

Persepam hanya mampu bermain imbang 1-1 saat menjamu Perseru. Sementara saat melakoni laga tandang, Persepam dibantai 4-1. Sementara melawan Persiram, Persepam memang berhasil menang 2-1 pada pertemuan pertama, namun kalah 2-0 pada pertemuan kedua di Stadion Maguwoharjo yang menjadi kandang dari Persiram.

Dengan demikian, Persepam pun harus menerima kenyataan pahit menemani Persiba Bantul, Persita dan Persijap Jepara terdegradasi ke divisi utama untuk kompetisi 2015.


(ACF)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

1 day Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /