Barcelona Sambut Baik Penggunaan VAR di Spanyol

Gregorius Gelino    •    16 Januari 2019 10:34 WIB
barcelona
Barcelona Sambut Baik Penggunaan VAR di Spanyol
Skuat Barcelona (AFP/Lluis Gene)

Barcelona menganggap penggunaan VAR di La Liga membantu kinerja wasit. Statistik juga mengindikasikan hal tersebut benar adanya.

Jakarta
: Barcelona menyambut baik penggunaan Asisten Video Wasit (VAR). Menurut pihak Blaugrana, penggunaan VAR dapat membantu kinerja wasit.

"Barcelona selalu membela penggunaan VAR untuk membantu sepak bola dan wasit. Ini adalah sesuatu yang baru dan perlu waktu agar bisa diterima semua pihak," kata juru bicara Barca, Josep Vives, kepada Marca.

"Kami pikir itu (VAR) adalah alat yang luar biasa. Walaupun kami tahu itu bisa melukai kami," lanjutnya.


Baca juga: Presiden La Liga Ingin Mourinho Kembali ke Spanyol


Penerapan VAR terbukti membantu kinerja wasit. Dikutip dari situs resmi La Liga Spanyol, dari 190 pertandingan yang telah dimainkan sepanjang musim 2018--2019 terdapat 2.280 insiden yang ditinjau VAR dan 59 kasus wasit menganulir keputusan awal yang telah dibuat. Artinya, VAR rata-rata mengintervensi sekali setiap pertandingan. 

Regulasi konsultasi VAR dipakai dalam empat situasi penting, yaitu proses terjadinya gol, penalti, kartu merah langsung, dan kesalahan identitas pemain. Dari total 59 kasus anulir keputusan awal, 30 di antaranya terkait dengan gol, 20 penalti, enam kartu merah langsung, dan tiga kesalahan identitas.

Video: Simic Sayangkan Kepergian Teco