Pelatih Baru Barcelona

Mengenal Sosok Valverde, Entrenador Anyar Barcelona

A. Firdaus    •    30 Mei 2017 06:08 WIB
barcelona 2016--2017
Mengenal Sosok Valverde, <i>Entrenador</i> Anyar Barcelona
Ernesto Valverde resmi menjabat sebagai pelatih Barcelona (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Barcelona: Klub raksasa La Liga, Barcelona telah resmi menunjuk Ernesto Valverde sebagai pelatih baru mereka. Entrenador berusia 53 tahun itu akan diikat dengan kontrak berdurasi dua musim.

Valverde lahir di Viandar de la Vera, Caceres. Dalam perjalanan kariernya sebagai pemain profesional, ia pernah bermain di enam klub berbeda. Termasuk dua musim membela Blaugrana pada periode 1988 hinnga 1990.

Bersama Barca, Valverde memenangkan gelar Copa del Rey pada musim 1989--1990 dan Piala Winner semusim sebelumnya. Valverde kemudian pensiun sebagai pemain pada 1997. Real Mallorca menjadi klub terakhir yang pernah dibelanya.

Klik di sini: Marco Reus Cedera Serius Usai Dortmund Juara DFB Pokal

Valverde memulai dunia kepelatihan dengan menjadi asisten pelatih Athletic Bilbao pada 2001--2002. Ia mulai dipercaya Bilbao sebagai pelatih ekpadal pada 2003 hingga 2005.

Karier kepelatihannya mulai diperhitungkan karena berhasil membawa Espanyol ke final Piala UEFA atau Europa League pada 2006--2007. Kemudian pada 2013 hingga 2017, ia kembali ditunjuk sebagai pelatih Bilbao dan mengantarkan klub tersebut menjuarai Supercopa de Espana pada 2015. Uniknya lawan yang dikalahkan di final adalah Barca. Ketika itu Lionel Messi dan kolega berhasil dikalahkan Bilbao dengan agregat 5-1.

Profil lengkap Ernesto Valverde, entrenador anyar Barcelona
 
Seiring waktu berjalan, kini ia justru menjadi pelatih anyar Barca, menggantikan Luis Enrique yang menyatakan mundur setelah tiga musim menjabat. Valverde sempat berujar menangani Barca adalah tantangan terbesar dalam kariernya sebagai pelatih sejak 2003.

"Langkah saya selanjutnya akan sangat besar dan sulit," ujar pernyataan Valverde sebelum ditunjuk sebagai pelatih Barca.

Meski telah menunjuk Valverde sejak Senin 29 Mei waktu setempat, Barcelona baru akan memperkenalkan sang pelatih anyar mereka pada Kamis 1 Juni mendatang. Pada kesempatan itu, Valverde juga akan memberikan pernyataan terkait penunjukkan dirinya sebagai entrenador anyar Barca.

Perubahan Besar Manchester City
 


(FIR)