Kasus Transfer Neymar

Kasus Transfer Kembali dibuka, Neymar Terancam Penjara 2 Tahun

Achmad Firdaus    •    23 November 2016 23:16 WIB
barcelona 2016--2017
Kasus Transfer Kembali dibuka, Neymar Terancam Penjara 2 Tahun
Ekspresi kekecewaan Neymar usai gagal memanfaatkan peluang (Foto: AFP PHOTO / LLUIS GENE)

Metrotvnews.com, Barcelona: Neymar da Silva Jr belum bisa bernafas lega terkait permasalahan transfernya ke Barcelona. Kali ini, ia kembali diancam hukuman penjara lantaran kasus tersebut kembali dibuka.

Jaksa penuntut Pengadilan Spanyol, Rabu 23 November 2016, mengajukan tuntutan dua tahun penjara kepada bintang asal Brasil tersebut. Tak hanya itu, Neymar juga dituntut membayar denda sebesar 10 juta Euro atau setara Rp143 miliar.

Tuntutan ini tidak lepas dari dibukanya kembali kasus transfer Neymar dari Santos ke Barcelona pada 2013 silam.  Awal bulan ini, pihak pengadilan tinggi Spanyol membuka kembali kasus tersebut menyusul pengaduan dari sebuah perusahaan investasi Brasil, DIS yang merasa dicurangi.
 

Baca: Barcelona Gagal Taklukkan Sembilan Pemain Malaga


Dalam klausul yang tertera dalam kontrak, DIS disebutkan berhak menerima 40 persen dari total penjualan Neymar ke Barcelona. Namun, pada kenyataannya mereka (DIS) tidak menerima jumlah yang telah disepakati.

Pihak DIS menuding, pihak Neymar yang diwakili oleh ayahnya dan pihak Barcelona dalam hal ini, presiden klub Blaugrana terdahulu, Sandro Rosell telah melakukan penipuan terkait detail dalam transfer tersebut.

Sebelumnya, pihak Barcelona mengatakan bahwa mereka menggelontorkan dana 57,5 juta Euro untuk merekrut Neymar dari Santos. Namun, dalam fakta yang terungkap, Barca merogoh kocek hingga 86 juta Euro kepada Santos. Polemik ini bahkan membuat sang presiden klub kala itu, Sandro Rosell lengser dari jabatannya.
 

Baca juga: Guardiola Dukung Keinginan Pique jadi Presiden Barcelona


Nah, dalam tuntutannya kali ini, jaksa penuntut tidak hanya mencecar Neymar, tapi juga sang ayah serta Rosell. Ayah Neymar diancam hukuman yang sama dengan Neymar (2 tahun) sedangkan Rosell dituntut hukuman penjara selama lima tahun.

Saat ini, pengadilan tinggi Spanyol tengah menggelar sidang dengar pendapat terkait kasus ini. Pihak Barcelona sendiri telah menyatakan bahwa mereka akan mengajukan banding atas kasus ini. (ESPN)

Video: ?Kelima Kalinya, Lionel Messi dan Neymar Jr Masuk Nominasi Puskas Award
 


(ACF)

Video /