Musim Depan, La Liga akan Gunakan VAR

Kautsar Halim    •    03 Maret 2018 02:53 WIB
liga spanyolla liga
Musim Depan, La Liga akan Gunakan VAR
Perangkat VAR di Bundesliga. (AFP PHOTO / dpa / Rolf Vennenbernd)

Madrid: Kompetisi kasta tertinggi Spanyol, La Liga, akan dilengkapi fasilitas Video Asisten Wasit (VAR). Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) sudah mengesahkan penggunaannya untuk musim 2018--2019.

Penggunaan VAR semakin luas karena sudah digunakan lebih dulu di Bundesliga (Jerman), Serie A (Italia), dan MLS (Amerika Serikat). Kendati demikian, manfaatnya masih dipertanyakan, khususnya dalam sejumlah pertandingan di Liga Primer Inggris pada musim ini.
 

Klik: Dramatis, Sriwijaya Taklukkan Borneo di Semifinal


Pelatih Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino, adalah salah satu orang yang memprotes teknologi VAR. Itu ia tunjukkan saat timnya meang 6-1 atas Rochdale pada laga lanjutan Piala FA pada beberapa hari lalu.

Imbas menggunakan VAR, Manchester United juga mendapat panggilan aneh ketika menghadapi Huddersfield pada laga lanjutan Piala FA, Minggu 18 Februari lalu. Kendati demikian, Setan Merah tetap keluar sebagai pemenang dengan skor, 2-0.


Klik: Jersey Spesial Ronaldo untuk Bintang UFC


Kabarnya, Federasi Sepak Bola Spanyol dan La Liga tidak akan menempatkan pusat VAR di Kota Madrid. Sementara itu, para wasitnya sudah mulai berlatih secara off-line sejak hari ini.

VAR merupakan perangkat teknologi yang memudahkan wasit untuk mengambil keputusan. Dengan menggunakan VAR, wasit bisa melihat tayangan ulang pelanggara yang tidak terlihat langsung oleh matanya. (sportsmole)

 


(KAU)