Valencia vs Barcelona

Iniesta: Sepak Bola Butuh VAR

Alfa Mandalika    •    27 November 2017 15:54 WIB
barcelona
Iniesta: Sepak Bola Butuh VAR
Anders Iniesta. (Tengah) (Foto: AFP/Jose Jordan)

Valencia: Gelandang senior Barcelona Andres Iniesta menyebut teknologi Video Assistant Refree (VAR) dibutuhkan oleh dunia sepak bola. Dia juga mendesak La Liga segera menggunakan teknologi yang bertugas membantu sang pengadil lapangan.

Pernyataan Iniesta tersebut tak lepas dari keputusan kontrovesial wasit Ignacio Iglesias. Dia menganulir gol Messi yang telah melewati garis gawang yang dikawal kiper Valencia Norberto Neto.

Iniesta menuding, apabila teknolgi VAR sudah berjalan, maka tidak ada gol yang dianulir.

"Itu jelas adalah sebuah gol dan semua orang mengetahui hal itu, bahkan bisa terlihat dari bahasa tubuh kiper," kata Iniesta seperti dilansir Football - Espana, Senin 27 November 2017.

"Teknologi (VAR) akan menjadi solusi terbaik dalam situasi yang menimbulkan keraguan, sepak bola membutuhkan teknologi itu," sambungnya.

"Nantinya, diharapkan tidak ada interpretasi yang berbeda dan mereka (La Liga) perlu menerapkan VAR sesegera mungkin," tegas Iniesta.

Baca: Fakta Menarik Usai Valencia Bermain Imbang Kontra Barcelona


Jauh sebelum Iniesta mendesak penggunaan VAR, Asosiasi Sepak Bola Spanyol (REFF) sudah mengonfirmasi akan menggunakan VAR musim depan.

"Kami berniat menggunakan teknologi tersebut pada musim depan. Teknologi itu sudah masuk ke sepak bola dan Anda harus menerimanya," ujar Presiden Asosiasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) Juan Luis Larrea.

Namun, sebelum digunakan di La Liga, kemampuan teknologi VAR masih butuh diuji. Rencananya, teknologi itu akan digunakan dalam 70 pertandingan.

VAR merupakan teknologi video untuk memutar tayangan ulang dalam pertandingan. Teknologi itu dibuat FIFA agar bisa membantu wasit dalam mengambil keputusan di tengah pertandingan. Terutama soal gol, offside, dan penalti.

Baca: Beragam Kekecewaan Penggawa Barcelona terkait Dianulirnya Gol Messi


Teknologi VAR pertama kali digunakan pada Piala Konfederasi 2017. Namun, hasil penggunaannya belum sempurna. Sebab, masih banyak perdebatan mengenai penggunaan teknologi tersebut.

Selain itu, berbagai pihak menilai teknologi VAR justru menyita waktu pertandingan lebih lama karena wasit harus melihat tayangan ulang itu sebelum mengambil keputusan.

Sejauh ini, sudah ada dua liga top Eropa yang menggunakan teknologi tersebut, yakni Bundesliga dan Liga Serie-A. Sementara itu, kompetisi top seperti Liga Primer Inggris belum tertarik menggunakan teknologi VAR. (Football - Espana)

Video: Bima Sakti Siap Emban Tugas Jadi Pelatih Timnas U-19


(ASM)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

23 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /