Espanyol vs Barcelona

Barcelona Menang Besar dalam Derby Catalunya

Kautsar Halim    •    09 Desember 2018 05:47 WIB
barcelonaliga spanyol
Barcelona Menang Besar dalam Derby Catalunya
Selebrasi gol para pemain Barcelona saat hadapi Espanyol. (PAU BARRENA / AFP)

Cornella de Llobregat: Barcelona berhasil menaklukkan Espanyol pada lanjutan La Liga 2018--2019, Minggu 12 Desember dini hari WIB. Tidak tanggung-tanggung, rival yang sama-sama berasal dari Catalunya itu mereka tekuk dengan skor, 4-0.

Jalannya laga berlangsung menarik di Stadion RCDE yang menjadi markas Espanyol. Tuan rumah malah terlihat lebih sering tertekan dengan penguasaan bola Barcelona yang mencapai 55 persen.

Samuel Umtiti, Rafinha dan Sergi Roberto masih belum bisa dimainkan Barca saat bentrok dengan Espanyol. Tapi, kendala itu tidak menghalangi Lionel Messi dan rekan untuk mencetak gol. Terlebih lagi, Luis Suarez juga bisa diturunkan.

Klik: Chelsea Bikin Manchester City Merasakan Kekalahan

Messi menjadi pemain paling berpengaruh dengan mencetak sepasang gol  (menit ke-17' dan menit ke-65) plus satu assist. Sementara itu, dua gol lainnya diciptakan oleh Ousmane Dembele (26') dan Luis Suarez (45').

Espanyol yang tampil dengan kekuatan terbaik sudah berupaya mengejar ketertinggalan dengan mengganti beberapa pemainnya pada babak kedua. Tapi, gol tak kunjung tercipta hingga laga berakhir. Skor 0-4 untuk kemenangan Barca tetap bertahan.

Klik: Ditahan Imbang Valencia, Sevilla Turun Takhta

Hasil laga ini membawa Barcelona kembali ke pucuk klasemen sementara dengan koleksi 31 poin. Sementara itu, Espanyol harus ikhlas turun ke posisi sembilan karena baru memiliiki 21 poin. 

Barcelona tercatat sudah 61 kali bentrok dengan Espanyol di berbagai kompetisi. Dalam sekian banyak kesempatan itu, Espanyol baru mampu menang sebanyak tujuh kali. Sebelum laga ini, Barca menang lewat adu penalti di ajang Supercopa Catalunya.    

Susunan Pemain

Espanyol (4-3-3): Diego Lopez; Javi Lopez, David Lopez, Duarte, Vila; Sanchez, Roca, Darder (Granero 77'); Perez (Baptistao 60'), Iglesias, Melendo (Sergio Garcia 63')

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Semedo, Pique, Lenglet, Alba; Vidal, Busquets, Rakitic (Denis Suarez 82'); Dembele (Coutinho 68'), Luis Suarez (Munir 79'), Messi



(KAU)