La Liga 2018--2019

Bilbao Gagalkan Barcelona Amankan Poin Penuh di Camp Nou

Rendy Renuki H    •    29 September 2018 23:30 WIB
liga spanyol
Bilbao Gagalkan Barcelona Amankan Poin Penuh di Camp Nou
Suasana laga Barcelona kontra Athletic BIlbao (Twitter/Planet Futbol)

Barcelona: Athletic Bilbao menggagalkan upaya Barcelona memetik poin penuh di kandang mereka, Stadion Camp Nou, pada jornada ketujuh La Liga Spanyol, Sabtu 29 September. Azulgrana harus puas berbagi angka dengan tamunya setelah bermain imbang 1-1 hingga akhir laga.

Tampil di depan pendukungnya sendiri, Barca langsung melancarkan serangan sporadis ke pertahanan Bilbao. Namun sejumlah peluang lewat aksi Philippe Coutinho hingga tendangan bebas Luis Suarez masih belum ada yang berbuah gol.

Bilbao yang terkenal menjadi kuda hitam di La Liga pun merespons dengan beberapa peluang Inaki Williams. Tetapi pertahanan Barcelona yang digalang Gerard Pique pun mampu meredam kans Bilbao.

Suarez mendapatkan kesempatan emas mencetak gol saat memasuki menit 25. Sayang sepakan first-time bomber asal Uruguay meneruskan umpan akurat Arturo Vidal masih bisa dimentahkan kiper Bilbao Unai Simon.

Klik: Dihajar West Ham, MU Telan Kekalahan Ketiga Musim Ini


Alih-alih membuka keunggulan di depan publik sendiri, gawang Barca justru kebobolan jelang turun minum. Oscar de Marcos membungkam publik Camp Nou setelah tembakan kerasnya hasil umpan Markel Suaseta meluncur deras ke pojok kiri gawang Marc-Andre Ter Stegen.

Tertinggal 0-1 di babak pertama, pelatih Barca Ernesto Valverde mengubah komposisi skuatnya. Sejumlah pemain termasuk megabintang Lionel Messi dimasukkan untuk menyegarkan permain.

Hasilnya, Azulgrana terus meneror pertahanan Bilbao yang tampil bertahan usai unggu di babak pertama. Beberapa peluang tercipta, salah satunya lewat upaya Messi menit 72 dan 77 namun masih bisa dimentahkan pertahanan Bilbao.

Gawang tim tamu akhirnya berhasil dibobol Barca saat memasuki menit 84 oleh gol Munir El Haddadi. Umpan tarik Messi di mulut gawang mampu disambar pemain yang sempat dipinjamkan ke Valencia itu.

Sayang, Barcelona tak mampu memanfaatkan sisa waktu di babak kedua untuk membalikka keadaan. Azulgrana pun harus puas mengakhiri pertandingan kandang dengan skor imbang 1-1 dengan Bilbao.

Hasil ini membuat Barcelona hanya mampu menambah satu poin di puncak klasemen menjadi 14 pada jornada ketujuh ini. Mereka hanya unggul satu poin saja dari Real Madrid yang membuntuti di posisi kedua dan akan menghadapi laga derbi melawan Atletico Madrid dini hari nanti.

Sementara pada laga lainnya, Valencia berhasil mengemas kemenangan tipis 1-0 dari tuan rumah Real Sociedad. Hasil yang membuat Valencia memperbaiki posisi ke urutan 12 dengan delapan poin, sedangkan Sociedad di posisi 11 mengemas poin sama.

Susunan pemain:

Barcelona: Marc Andre Ter Stegen, Gegard Pique, Clement Lenglet, Nelson Semedo, Jordi Alba, Sergi Roberto, Ivan Rakitic, Arturo Vidal, Ousmane Dembele, Philippe Coutinho, Luis Suarez.

Bilbao: Unai Simon, Yeray Alvarez, Inigo Martinez, Mikel Balenziaga, Oscar de Marcos, Dani Garcia, Benat Extebarria, Raul Garcia, Markel Suaseta, Yuri Berchiche, Inaki Williams.

 


(REN)


Video /