Jelang Sporting Gijon vs Barcelona

Preview Sporting Gijon vs Barcelona: Tanpa Messi, Barcelona Masih Tetap Unggul

Rizki Yanuardi    •    23 September 2016 16:09 WIB
barcelona 2016--2017
<i>Preview</i> Sporting Gijon vs Barcelona: Tanpa Messi, Barcelona Masih Tetap Unggul
Skuat Barcelona. (Foto: AFP/Josep Lago)

MESKI tanpa diperkuat Lionel Messi, mega bintang Barcelona yang cedera saat ditahan imbang 1-1 di kandang Atletico Madrid, Blaugrana diyakini masih berada di atas angin meski harus tandang ke Estadio Municipal El Molinón, Gijon, markas Real Sporting de Gijon di jornada kelima La Liga Spanyol 2016 -- 2017.

Ya, kehilangan sosok Messi yang perannya sangat vital dan tak tergantikan di kubu Blaugrana adalah sebuah kerugian. Apalagi, La Pulga menurut kabar terakhir harus menepi selama tiga pekan dan tentunya akan melewatkan sejumlah pertandingan penting. Terdekat, dua laga tandang di La Liga dan satu laga di Liga Champions, El Barca harus tanpa Messi yang sudah mencetak lima gol dari empat laga di La Liga.

Fokus kembali melawan Sporting Gijon, kapten utama Andres Iniesta meyakinkan para fan Barcelona. Menurutnya, meski bermain di markas Sportng Gijon dan tanpa diperkuat Messi, Barcelona tetaplah tim kuat. Jika berkaca dari hasil pertemuan kedua tim di pentas La Liga, ungkapan Iniesta sah-sah saja meski Gijon belum pernah kalah di kandang musim ini. Bukti kongkret pertemuan kedua tim di pentas La Liga lah yang menjadi acuan. Dari 10 pertemuan terakhir di ajang La Liga, Blaugrana lebih superior dengan sembilan kemenangan dan hanya sekali imbang. 


Baca: Preview: Las Palmas vs Real Madrid: Tiga Angka untuk Jaga Takhta!


Luis Enrique sepatutnya bisa bereksperimen terhadap timnya tanpa kreator Messi. Meski permainan satu dua sentuhan yang menjadi ciri khas Barcelona akan sedikit berbeda tanpa Messi, namun di skuat Barca beberapa pemain bisa memerankan posisi tersebut. Ada Arda Turan yang bisa berganti posisi dengan Neymar, atau juga Iniesta yang juga jenius dalam membuka peluang. Serta bek sayap lincah Jordi Alba bisa merepotkan tuan rumah dengan pergerakannya. 

Barcelona kemungkinan bisa unggul dengan margin dua gol. Lini depan Barcelona tentunya dipercayakan kepada Luis Suarez. Sementara di depan penjaga gawang Ter Stagen, ada Gerrard Pique yang berduet dengan Javier Mascherano di jantung pertahanan, ditunjang Sergio Busquets yang berposisi sebagai pemain jangkar. 

Baca: Gelandang Real Madrid Patah Kaki


Sementara Sporting Gijon yang di jornada keempat kalah melawan Celta Vigo diyakini mati-matian mempertahankan rekor belum kalah di kandang. Pelatih mereka Abelardo kemungkinan akan memainkan banyak pemain di lini tengah hingga pertahanan, untuk meredam kecepatan para pemain Blaugrana. Skema yang cocok dipakai Gijon tentunya skema 4-5-1, yang bisa berubah dinamis menjadi 4-2-3-1 saat memegang bola.

Berikut prakiraan pemain kedua tim: 
Sporting Gijon (4-5-1)
Cuellar, Castellano, Babin, Amorebieta, Lora: Alvarez, Kasus-Afif, Burgui, Gomez: Cop

Barcelona (3-4-3)
Ter Stegen: Mascherano, Pique, Roberto: Alba, Iniesta, Rakitic, Busquet: Neymar, Suarez, Turan

Catatan lima pertemuan terakhir kedua tim

24/04/16 FC Barcelona 6-0 Sporting Gijon
18/02/16 Sporting Gijon 1-3 FC Barcelona
04/03/12 FC Barcelona 3-1 Sporting Gijon
03/10/11 Sporting Gijon 0-1 FC Barcelona
13/02/11 Sporting Gijon 1-1 FC Barcelona

Prediksi Metrotvnews.com:
Sporting Gijon 30 - 70 FC Barcelona 

Video: Marcus Rashford Tampil Memukau



(ASM)

Video /